Wawali Kota Makassar Ajak BSMI Pecahkan Rekor MURI Khitan Massal

Wawali Kota Makassar Ajak BSMI Pecahkan Rekor MURI Khitan Massal

MAKASSAR -- Puluhan Relawan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Sulawesi Selatan kembali beraksi dalam program khitanan massal bagi masyarakat kurang mampu di Kota Makassar, tepatnya di Masjid Multazam Taman Sudiang Indah, Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkanaya, Makassar.

Kegiatan ini adalah hasil kolaborasi BSMI bersama Yayasan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) yang berlangsung pada tanggal 24 Juli 2022.

“Latar belakang diadakannya kegiatan ini adalah untuk melayani pasien-pasien kaum duafa. Jadi sasarannya adalah keluarga tidak mampu yang terdampak pandemi covid-19. Sehingga kami dari BSMI, bersama IZI bekerja sama untuk melakukan kegiatan khitanan massal ini” terang Irwan Setiawan selaku sekjend BSMI Sulsel.

Irwan menginformasikan bahwa ia bersama puluhan Relawan BSMI lainnya telah mengkhitan 110 anak dalam sehari.

“Relawan BSMI yang terlibat itu kurang lebih 40 orang. Target peserta 120 anak, dan yang terealisasi adalah 110 anak. Sementara sisanya itu belum memenuhi syarat untuk dilakukan khitan. Ini berdasarkan penilaian dari dokter penanggung jawab kegiatan” ungkap Irwan memastikan.

Irwan juga mengungkapkan bahwa acara ini dihadiri oleh Ibu Wakil Walikota Makassar, Ibu Fatmawati Rusdi dan Ketua Komisi D DPRD Kota Makassar, Andi Hadi Ibrahim Baso.

Pada kesempatan ini, Andi Hadi menantang Fatmawati untuk memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) menyelenggarakan khitanan massal gratis terbanyak di Indonesia.

“Ini sangat ditunggu oleh masyarakat, khususnya ekonomi lemah, ditambah masa sekarang ini yang sangat memprihatinkan. Karena itu kehadiran pemerintah sangat kita harapkan. Tadi sudah menyampaikan kepada Ibu Wakil Wali Kota Makassar, bagaimana kita pecahkan rekor MURI perihal sunatan massal. Dan ini sangat ditunggu oleh masyarakat,” ungkap Andi Hadi yang juga Ketua Badan Pengurus Masjid Multazam.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi mengaku siap menerima tantangan dari Legislator Makassar tersebut.

“Kami siap bekerja sama, terutama dengan Komisi D yang dipimpin Ustaz Andi Hadi. Kita harapkan nantinya kegiatan itu dapat bermanfaat bagi masyarakat” ucap Fatmawati dalam sambutannya di acara pembukaan acara tersebut.

Ia pun mengaku siap bekerja sama dengan banyak pihak, termasuk dari BSMI untuk melaksanakan kegiatan sosial itu.

Di sisi lain, Irwan Setiawan menceritakan perihal respon masyarakat atau orang tua dari anak yang mendapatkan khitan gratis mengaku sangat senang atas kegiatan ini. Karena sangat membantu bagi kondisi ekonomi mereka di masa pandemi Covid-19.

“Ini pun harus menutup pendaftaran, karena pesertanya sangat membludak. Sebab keterbatasan dari tim medis yang diterjunkan oleh teman-teman BSMI” imbuhnya.

Selain mendapat khitanan gratis, anak-anak peserta khitanan massal juga dihadiahi sarung dan kopiah, serta paket perlengkapan sekolah dan alat makan.