[UPDATE GEMPA PASAMAN] BMKG: Gempa Akibat Pergeseran Sesar Sumatera, Gempa Dirasakan Semua Penduduk Pasaman Barat

[UPDATE GEMPA PASAMAN] BMKG: Gempa Akibat Pergeseran Sesar Sumatera, Gempa Dirasakan Semua Penduduk Pasaman Barat

JAKARTA -- Telah terjadi gempa bumi berpusat di kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat dengan skala 6,2 yang diupdate 6,1 SR pada pukul 08.39 WIB hari Jumat (25/2/2022). Pusat gempa terjadi di darat dengan lokasi 17 km dari Pasaman Barat.

Hal ini disampaikan Kepala BMKG Prof Dwikorita Karnawati dalam Konferensi Pers Gempa Pasaman Barat yang digelar secara daring pada Jumat (25/2/2022). Konferensi pers juga dihadiri Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto. 

Dwikorita mengatakan jenis gempa yang terjadi hari ini adalah jenis kerak dangkal akibat sesar aktif besar Sumatera. 

"Analisis mekasisme sumber gempa bumi mekanisme pergerakan sesar, dampak gempa bumi ini dirasakan di daerah Pasaman Barat dengan semua penduduk merasakan terkejut dan lari keluar dengan skala 6 MMI. Sementara di Kabupaten Pasaman guncangan 5 MMI dirasakan hampir semua penduduk sampai membangunkan orang," kata dia.

Dwikorita melanjutkan, gempa juga dirasakan di Agam, Bukittinggi dan Panjang panjang dengan skala intensitas 4 MMI dirasakan banyak orang di rumah dengan indikasi tiang bergetar dan pintu berderit.

"Di Padang, Payakumbuh dan Gunungsitoli guncangan dirasakan dengan skala intensitas 3 MMI terasa getaran seakan-akan truk berlalu," ucapnya.

Ia mengatakan, gempa juga dirasakan di pesisir hingga Nias Selatan dengan skala intensitas 2 MMI dengan parameter hanya dirasakan beberapa orang dan benda ringan yang digantung bergoyang.

"Gempa ini tidak menimbulkan tsunami, saat ini petugas wilayah BMKG sudah ada di lokasi untuk mendata dan menganalisa di lapangan," ujar dia.