Unik, Layanan Kesehatan BSMI Sulteng Beri Hadiah Ikan Cupang Gratis Bagi Pasien Anak

Unik, Layanan Kesehatan BSMI Sulteng Beri Hadiah Ikan Cupang Gratis Bagi Pasien Anak

PALU -- Layanan Kesehatan BSMI Sulteng membuka kegiatan unik yakni pemberian sepasang ikan hias cupang gratis bagi pasien anak yang datang. 

Ketua Layanan Kesehatan BSMI Sulteng dr Idham Rahman mengatakan, cara ini adalah usaha Layanan Kesehatan BSMI Sulteng untuk ikut dalam usaha meningkatkan kualitas kesehatan anak-anak di sekitar klinik yang beralamat di Jln Basuki Rahmat III Kota Palu, Sulawesi Tengah ini. 

dr Idham menyebut anak-anak perlu mendapat perhatian khusus dari orang tua untuk tetap menjaga kesehatan seluruh badan. Terlebih di Layanan Kesehatan BSMI Sulteng ada pemeriksaan gigi, khitan tanpa jahit maupun layanan dokter umum.

"Kesehatan Gigi pada anak misalnya amat penting bukan hanya memeriksakan saat sakit tapi juga merawat agar tetap sehat seperti layanan pembersihan karang gigi anak yang sebaiknya dilakukan enam bulan sekali," terang dr Idham.

Pemberian ikan hias cupang gratis bagi pasien anak ini juga bentuk mendekatkan diri Layanan Kesehatan BSMI Sulteng kepada publik.

"InsyaAlllah selama persediaan masih ada akan kita berikan untuk anak-anak yang datang menjadi pasien. Sudah kita siapkan 100-an ikan hias cupang. Ikan hias cupang ini jadi primadona pas Pandemi karena bisa dirawat di rumah. Oh iya dapatnya satu anak sepasang ya, jadi dua ikan yang harus dirawat di rumah," terang dr Idham.

Ia berharap lewat pendekatan hadiah yang disukai anak, anak-anak tidak khawatir untuk pergi memeriksakan gigi maupun saat khitan. 

Layanan Kesehatan BSMI Sulteng ingin membuat pelayanan yang ramah anak dan menyenangkan sebab tindakan kesehatan yang dilakukan pun juga menyenangkan.

"Jika sekolah ada gerakan sekolah ramah anak, kita juga ingin agar Layanan Kesehatan BSMI Sulteng juga ramah anak, bahwa memeriksakan gigi dan khitan itu menyenangkan dan tidak sakit," ungkap dia.

Idham menyebut layanan kesehatan BSMI Sulteng yang mendapat dukungan YBM PLN ini juga bisa melayani layanan di rumah. Seperti layanan khitan, Lakes BSMI Sulteng bisa melayani khitan di tempat maupun khitan ke rumah.

"InsyaAllah dikerjakan tenaga kesehatan profesional oleh dokter, layanan termasuk obat, gratis konsultasi sampai sembuh, gratis celana sunat, gratis ikan hias dan sudah termasuk bagian donasi untuk kemanusiaan," papar Idham. 

Ia berharap hadirnya Layanan Kesehatan BSMI Sulteng bisa membantu meningkatkan kualitas kesehatan anak di Palu dan di Sulawesi Tengah pada umumnya.

"Hadirnya Layanan Kesehatan BSMI Sulteng adalah bentuk nyata program jangka panjang BSMI setelah terjadi gempa, tsunami dan likuifraksi di Palu beberapa waktu silam. Sehingga BSMI berkomitmen untuk terus memberikan manfaat jangka panjang setelah aksi kemanusiaan usai bencana," papar dia.