Tim Kesehatan BSMI Layani Pemeriksaan Home Care Bagi Penyintas Semeru

Tim Kesehatan BSMI Layani Pemeriksaan Home Care Bagi Penyintas Semeru

LUMAJANG -- Tim Kesehatan BSMI terus menggelar layanan kesehatan ke beberapa posko pengungsi termasuk layanan home visit. 

Tim Kesehatan BSMI untuk Semeru dr Ika Sari Rahmatina mengatakan layanan home visit dilakukan karena banyak penyintas yang mengungsi di rumah-rumah kerabatnya.

"Layanan home visit juga melayani pemeriksaan ibu hamil yang secara mobilitas juga terbatas. Juga dilakukan bila ada laporan dari warga yang sakit tapi tak bisa mendatangi pos-pos kesehatan," ujar Ika.

Ika mengatakan tim kesehatan terdiri dari dokter, perawat, tenaga farmasi yang berkeliling setiap hari ke rumah warga sekaligus menyalurkan bantuan logistik dan santunan.

"Jadi selain layanan kesehatan, tim home care juga menyerahkan bantuan logistik dan santunan untuk membantu penyintas memenuhi kebutuhan sehari-hari" ungkap Ika. 

Ika menyebut rata-rata penyakit yang dikeluhkan batuk, pilek dan pusing. Selain itu ada satu warga yang terindikasi patah tulang karena waktu kejadian harus menolong kerabatnya dan terjauh, yang kemudian diarahkan ke puskesmas terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

"Alhamdulillah ada dukungan dari tim BSMI di kota/kabupaten di Jawa Timur dari sisi kesehatan antara lain tim BSMI dari Jember, Blitar, Kediri, Mojokerto, Banyuwangi, Pasuruan hingga Klaten Jawa Tengah, sangat membantu program layanan kesehatan bagi penyintas," ungkap Ika.