Mobile Klinik, BSMI Sumbar Jemput Bola Datangi Tenda-tenda Pengungsian

Mobile Klinik, BSMI Sumbar Jemput Bola Datangi Tenda-tenda Pengungsian

PASAMAN BARAT -- BSMI Sumatera Barat jemput bola mendatangi tenda-tenda pengungsi untuk menanyakan keluhan kesehatan yang dialami penyintas gempa di Pasaman Barat. 

Koordinator Lapangan BSMI Sumbar dr Fitria Heny mengatakan, BSMI Sumbar membentuk dua posko kesehatan di Pasaman Barat yakni di SMP 2 Talamau, Nagari Kajai dan di Kampung Tangah, Nagari Kajai Sumatera Barat.

"Dua daerah ini adalah lokasi terparah terdampak gempa di Pasaman Barat. BSMI berada di lokasi ini sesuai arahan dari Dinas Kesehatan Kab Pasaman Barat," ungkap Heny.

Heny menuturkan, tim melakukan mobile klinik dengan langsung mendatangi tenda-tenda pengungsian. "Kami langsung datangi tenda-tenda untuk menanyakan kondisi kesehatan baik anak-anak, ibu-ibu maupun dewasa dan lansia," papar Heny.

Heny menyebut selain keluhan beberapa penyakit seperti pusing, darah tinggi masih banyak warga yang mengaku cemas dan khawatir usai gempa besar melanda kemarin.

"Sebab itu selain kami melakukan tindakan medis langsung kami berikan layanan pendampingan psikososial di tenda-tenda. Banyak warga yang curhat dan cerita soal kecemasan mereka," sebut Heny.

Selain memberikan layanan pemeriksaan kesehatan dan obat-obatan, BSMI Sumbar juga memberikan layanan pengobatan akupuntur bagi penyintas. 

"Kita juga berikan layanan akupuntur yang dilakukan oleh dokter dan tenaga medis. InsyaAllah semoga pelayanan kesehatan yang dilakukan BSMI hari ini di Pasaman Barat bisa memberikan manfaat. BSMI Sumbar akan terus bergerak insyaAllah," tukas Heny.