Mengenal Gigi Berlubang dan Tambal Gigi

Mengenal Gigi Berlubang dan Tambal Gigi

Oleh drg. Andi Daniar,Spkg.

Menyampaikan tentang kesehatan gigi mulut yang terkait dengan gigi berlubang dan penambalan Gigi, merupakan sebuah pilihan bagi kita Apakah gigi kita itu maunya dibuat sehat atau dibiarkan begitu saja, karena kita tahu bahwa dari mulut itulah semuanya bersumber dari apa kita makan dan kita minum.

Bagian rongga mulut : Bibir, Gusi, Lidah, Gigi Geligi dan Jaringan Lunak Lainnya.

Apa saja penyakit dan kelainan pada gigi dan mulut? beberapa penyakit dan kelainan pada gigi dan mulut itu diantaranya gigi berlubang atau yang kita kenal dengan istilah caries, penyakit pada gusi, penyakit pada jaringan lunak Misalnya sariawan. 

Perlu kita tahu bahwa jumlah gigi ya pada anak-anak dan dewasa itu berbeda, pada anak-anak 20 sedangkan gigi dewasa 32 Gigi

Apa itu karies gigi atau gigi berlubang? Merupakan suatu penyakit infeksi yang merusak struktur gigi dan menyebabkan gigi itu berlubang. Awalnya berlubang kemudian berlanjut akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit pada gigi yang berlubang. Apabila dibiarkan gigi itu akan mati sendiri dan hancur.

Empat faktor yang menyebabkan terjadinya gigi yang berlubang yakni waktu, makanan, gigi dan kuman.  Apabila makanannya sehat maka lubang pada gigi itu tidak akan terjadi sebaik. Faktor kuman ada kuman baik dan kuman jahat, ada flora normal dalam mulut yang berfungsi didalam mulut.

Bagian-Bagian Gigi, yakni Email Gigi, permukaan bagian luar kemudian lapisan yang kedua berwarna kekuningan disebut dentin, lapisan ketiga terdapat pulpa Ulfa pembuluh darah. Kemudian di sekitar akar gigi disebut sementum. Apabila pada gigi terlihat warna coklat kemudian berubah menjadi garis atau titik hitam maka yang gigi harus ditambal karena memudahkan proses untuk mengembalikan fungsi kunyah. Kemudian apabila sudah mencapai ke lapisan yang kedua yaitu lapisan dentin, biasanya merasakan ngilu ketika minum dingin. 

Apabila mencapai Lapisan ketiga yang sudah mengenai saraf gigi biasanya akan dilakukan yang perawatan syaraf yang disebut perawatan endo atau perawatan saluran akar  Dalam ilmu kedokteran gigi Biasanya kalau gigi seperti ini, pilihannya adalah dicabut, namun sekarang karena sudah ada konservasi Gigi, maka sebisa mungkin gigi dipertahankan. Saat ini tambalan sudah sesuai dengan warna gigi jadi menyerupai warna gigi. 

Jaringan lunak di sekitar mahkota gigi yang mempunyai fungsi untuk melindungi jaringan pengikat gigi warna gusi itu bisa berwarna kemerahan. normalnya seperti itu merah kepink’an kemudian ada yang  berwarna kehitaman atau kecoklatan, ini karena disebabkan oleh zat pigmen yang ada di dalam gusi. Biasanya pada perokok atau yang mengkonsumsi obat-obat tertentu. 

Bisa menyebabkan warna gusinya berubah. Kemudian kelainan apa yang bisa terjadi pada gusi yaitu radang gusi atau istilah medisnya Tisya. Menyebabkan gusi gampang berdarah pada saat kita membersihkan atau menyikat gigi.

Kemudian perokok lidahnya berwarna kehitaman dan ada Radang pada lidah, kemungkinan ada kelainan darah seperti contohnya anemia. Selain pewarnaan juga terjadi  benjolan di dalam di lidah seperti tumor  atau kista atau kanker lidah. keluhan Biasanya sudah merasakan ada rasa nyeri atau panas sebaiknya memang diperiksakan. karena kita tahu bahwa lidah yang normal itu tidak ada keluhan nyeri atau panas atau perih dan sebagainya.

Pada bagian rongga mulut normalnya berwarna merah muda tidak ada keluhan nyeri luka panas atau benjolan. sedangkan kalau ada kelainan yaitu bisa karena luka bisa menyebabkan luka atau sariawan  kemudian ada rasa terbakar juga bisa kemudian ada bercak putih. istilah medisnya lichen planus atau adanya Sifilis, kemudian warna hitam kecoklatan.

Di bagian dalam seperti plak yang menempel karena suatu kelainan atau penyakit tertentu sebaiknya memang ditanyakan ke dokter. Biasanya setelah makan seperti ada yang menempel sisa-sisa makanan terdapat kuman. Apabila tidak dibersihkan lama-lama akan menumpuk dan menyebabkan terjadinya karang gigi. Maka perlu bantuan dokter untuk membersihkannya dengan alat tertentu. Kemudian Faktor ekstrinsik dari luar diri karena rokok biasanya ada bercak-bercak coklat dipermukaannya, kemudian bisa karena sering mengkonsumsi teh atau kopi yang menyebabkan pewarnaan pada gigi permukaan gigi. Hal teesebut dapat dibersihkan bahan tertentu.

Fluoride merupakan untuk memperkuat gigi. Selain kalsium juga untuk memperkuat struktur gigi . Flossing merupakan benang khusus yang digunakan untuk membersihkan gigi ya terutama sela-sela gigi.Untuk memperkuat struktur gigi dapat pergi ke dokter untuk kontrol setiap enam bulan sekali. Juga penting karena untuk mengecek Apakah sudah terjadi lubang ataukah ada Karang gigi atau ada kelainan lainnya yang mungkin tidak kita sadari ya kalau tidak kita cek lanjut.