Mengenal Gejala Tumor Otak

Mengenal Gejala Tumor Otak

Oleh Dr.dr. Rohadi, Sp.BS (K), FICS, FINPS 

Tumor otak kita sendiri di Indonesia sama saja dengan epidemiologi di luar negeri tetapi umumnya pasien datang terlambat datangnya kalau sudah ada keluhan baru berobat ke dokter. Apa itu tumor otak? tumor otak itu berada diruang tengkorak yang kemudian intinya akan mempengaruhi daripada tekanan intrakranial karena otak dan tumor otak ini ada primer dari otak sendiri jadi lepas dan sekunder yang berasal dari luar otak yang masuk ke otak yang sudah kita sebut sebagai tumor metastase. 

Kemudian apa imbasnya ketika ada masa meningkat, di situ akan menggeser pada ruang disekitar maka disebut sebagai Space occupying lesion. Hal tersebut akan menggeser yang sekitarnya, tentunya berimbas pada tekanan otak yang tinggi.

Baik tumor jinak maupun ganas kalau menyebabkan masa di dalam tengkorak maka dia akan menggeser  otak dan akan meningkatkan tekanan otak yang tinggi dan ini sifatnya lightening mengancam nyawa sehingga harus kita sadari itu dan kita wanti kepada pasien maupun kita jumpai bahwa tumor otak itu sangat membahayakan nyawanya. ketika dilakukan terapi yang terlambat dan ada beberapa tumor otak jinak yang akan menjadi malignant atau ganas, tetapi itu sangat jarang sekali terjadi.

malignant ini adalah cepat bertumbuh karena bisa berasal dari otak sendiri atau tender dari penyebaran dari tempat lain. misalnya pada wanita paling sering berasal dari kanker payudara kemudian leher rahim paling sering kita jumpai teknis kalau yang laki-laki, seringnya itu berasal dari kanker paru, kanker prostat, kanker saluran cerna yaitu itu sering sebagai penyebab sebagai penyebaran di otak.

secara epidemiologi insiden daripada Sumoroto ini adalah 12,8 perseratus ribu penduduk di atas jadi sekitar 10-15 persen  kanker itu menyebabkan penyebaran ke otak jadi ada kanker pasien di semua tempat itu 10-0 persennya akan menyebar ke otak dan kalau primer penyebabnya sampai sekarang apabila dikaji literatur tidak bisa dipastikan dengan baik. 

Misalnya salah satunya mengkonsumsi bahan-bahan kimiawi nanti ada perubahan daripada mutasi somatik tubuh kemudian sering terkena radiasi bisanya dalam pekerjaannya kemudian salah satu teori radiasi daripada HP itu ada ada beberapa yang public seperti itu.

Terjadinya kelainan di otak secara genetik ada kecenderungan seseorang yang ketika keluarganya mengalami kanker maka resiko turunan dari pada pasien tersebut juga tinggi keluarga yang sekitarnya tinggi kemudian metastase jadi dari 30% itu karena dari paruh 20%. Ada juga teori mengatakan pernah cedera atau mengalami imunosupresi daripada gangguan imun jadi faktornya resiko terjadinya tumor otak. 

Misalnya umumnya laki-laki lebih banyak kasusnya tapi kalau tergantung juga kasus beberapa tumor lain misalnya meningioma itu kebanyakan perempuan dan umumnya sering berkat gubungan juga seperti pemakaian KB hormonal yang berlebihan.

Bagaimana gejala dan tanda daripada tumor otak? kita akan mendeteksi daripada tanda-tanda karena ada efek massa sehingga yang kita perhatikan adalah bagaimana dia mempengaruhi sekitarnya. yaitu dengan meningkatkan tekanan intracranial. 

Misalnya yang paling berat adalah penurunan kesadaran. yang paling sering jumpa adalah nyeri kepala umumnya terutama berat itu pada pagi hari kemudian ketika mempengaruhi daripada tambahnya di kepalanya itu berhubungan dengan tekanan intrakranialnya.

Beberapa literatur yang harus jadi battered Lex kita untuk dievaluasi yakni pemeriksaan penunjang CT Scan atau paling terbaiknya adalah energi dengan kontainer kriya jadi ketika nyeri kepala terutama pasien yang pagi hari tiba-tiba muncul gejala harus hati-hati. kemudian nyeri kepala disertai ada gangguan neurologis semakin menghebat, kadang-kadang nyeri kepala yang disertai dengan demam atau gejala yang lain.

Kemudian gangguan penglihatan, nyeri kepala disertai gangguan penglihatan ada double penglihatannya harus hati-hati. kemudian nyeri kepala yang baru pada pasien yang mengalami kanker sebelumnya biasanya kanker payudara, kemudian nyeri kepala kronis itu kadang disertai dengan disorientasi kemudian pasiennya mual muntah harus hati-hati. 

Kemudian nyeri kepala Yang separuh kadang disertai dengan gangguan neurologis lain kemudian nyeri kepala disertai dengan Nur logis lain misalnya gangguan sensori kemudian gangguan penglihatan dan sebagainya.

Ada gangguan sensoris kemudian kejang kadang disertai kejang kemudian sering disebut seperti serangan stroke, ada hemiparese sekarang ada monoparese atau menopause jadi lumpuh separo tubuh atau satu hanya tangan saja atau pakai saja harus hati-hati tergantung nanti daripada umum khususnya yang kena. 

Keluhan dari pada pasien tumor otak itu tergantung daripada lokasinya kemudian tergantung daripada ukurannya dan tergantung tipe tumornya jadi disertai juga neurologi defisit 60% sering 40% itu disertai dengan kelemahan motorik motorik terus ada disertai juga dengan perubahan kesadaran ya kemudian nyeri kepala 50% pada pasien-pasien lain kejang itu dijumpai 26 persen daripada pasien.

Peningkatan tekanan intrakranial disertai defisit neurologis fokal dan gangguan daripada cairan otak, kadang-kadang pada tumor yang ditemui di sela di sela di intraseluler tumor epitel itu akan menyebabkan gangguan daripada Pizzeria.

Sering dijumpai juga adenoma hipofisis yaitu dengan gangguan daripada penglihatan karena tumor-tumor ini sering disekitaran Pembuluh darah yang justru itu mempengaruhi nyeri kepala. kemudian yang lain biasanya di prontal ada perubahan personalitas kemudian konsentrasi terganggu kemudian memori terganggu dan sebagainya. jangan-jangan ini di lobus frontalis Jadi tergantung lokasinya kalau di parietal misalnya nanti gangguan sensoris yang muncul kalau di temporal, misalnya disertai nanti gangguan psikomotorer kejang kemudian halusinasi.

Terapi tumor otak bisa dilakukan dengan anti radiasi dan kemoterapi. Apabila ganas ada tiga yang dilakukan, operasi radiasi, kemoterapi kemudian pemberian steroid. Yang pertama adalah pemberian steroid ketika kejang diberikan antikonvulsan. Apabila kejang diberikan antikejang.
Seperti di Mataram sudah ada pusat radioterapi. dokter spesialis Kades ongkologi akan menentukan dosis nya umumnya dosisnya waktunya 4-8 Minggu. Kemduian kenapa kemoterapi menjadi pilihan kedua? itu karena posisi kemoterapi itu sampai sekarang banyak ketidakpuasan yang kita jumpai. Karena di otak itu unik, ada sawar darah otak. 

Salah satu penyebab dari tumor otak itu adalah radiasi sinyal. sebagai anak muda yang tidak lepas dari HP mungkin sekarang harus mulai membatasi.

Adakah kaitan penggunaan zat-zat yang terus-menerus. Seperti penggunaan HP yang terus-menerus dengan terjadinya tumor otak?

pengaruh daripada sinyal HP akan mempengaruhi daripada seluler terjadi. radiasi itu akan mempengaruhi daripada proskin yang akan kita tahu bahwa tubuh kita sebenarnya ada proses yang namanya apoptosis. sebenarnya ada kontrol kematian sel ada pertumbuhan sel. Lebih baik HP ditaruh agak jauh Ketika kita tidur. Segera diimbau untuk pasien segera diagnostik lebih lanjut. Apabila terdapat masalah kendala biaya,  sebaiknya segera di urus BPJS itu karena ke BPJS kan 100% karena terkadang mengira pembiayaan operasi mahal, radiasi kemoterapi mahal. 

Sehingga sebaiknya memang dberi edukasi dengan komprehensif untuk memotivasi pada pasien untuk selalu Bagaimana berusaha ikhtiar semaksimal mungkin.Walaupun kita sudah maksimal operasi-operasi pada tumor metastase atau tumor ganas itu operasi radiasi kemoterapi itu hanya memperlambat kematian memperlambat kematian dengan secara teori. misalnya dalam waktu tiga bulan sudah 100% mati dengan kita lakukan operasi,dilanjutkan radiasi dan kemoterapi akan memperlambat Waktu.