IBI dan P3DI Malut serta BSMI Ternate Lakukan Pelayanan Kesehatan Reproduksi

IBI dan P3DI Malut serta BSMI Ternate Lakukan Pelayanan Kesehatan Reproduksi

Ternate -- Upaya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di masa Pandemi Covid-19 tetap dilakukan tidak saja pada Pusat Pelayanan Kesehatan tetapi juga oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Perempuan Peduli Pembangunan Daerah Indonesia (P3DI) Provinsi Maluku Utara serta Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Kota Ternate.

Kepedulian tersebut dilakukan dengan melaksanakan Pelayanan Reproduksi berupa deteksi dini kanker payudara dan kanker rahim serta eliminasi floragus erosi pada perempuan.

Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu (26/9/2020) dipusatkan Pos Yandu RT. 01  dan 02 lingkungan Sorofo Kelurahan Kalumata Kota Ternate Selatan itu meskipun di masa Pandemi Covid-19, namun mendapat antusias dari kaum perempuan yang tidak saja berdomisili di kedua RT tetapi juga masyarakat yang ada di sekitar Kelurahan Kalumata Ternate Selatan.

Ketua IBI yang juga Ketua P3DI Provinsi Maluku Utara dan Ketua BSMI Kota Ternate Hj. Rosdiana Turuy kepada RRI usai kegiatan mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini untuk membantu kaum perempuan agar dapat memeriksa kesehatan reproduksi mereka, sebab di masa Pandemi Covid-19 saat ini kaum perempuan banyak yang tidak mau memeriksakan diri di tempat pelayanan kesehatan sehingga dilakukan pelayanan ini.

”Kami melakukan kegiatan ini karena banyak kaum perempuan di masa Pandemi Covid-19 tidak mau melakukan pemeriksaan kesehatan di tempat pelayanan kesehatan, sehingga dengan kegiatan seperti ini mereka mau datang,” Ungkap Hj. Rosdiana Turuy.

Kegiatan yang dilakukan di Pos Yandu seperti ini dan secara gratis kata Hj. Rosdiana Turuy mendapat tanggapan positif dari kaum perempuan, karena banyak yang datang untuk melakukan pemeriksaan.

setelah dilakukan pemeriksaan pada 61 orang ada 11 orang yang harus ditindak lanjuti unuk melakukan pelayanan pemeriksaan lanjutan di Puskesmas dan itu sudah dilakukan kerjasama dengan Puskesmas untuk memberikan pemeriksaan lanjutan.

”Kami juga sudah bekerja sama dengan Puskesmas Kalumata sebagai wilayah kerja mereka dan juga telah dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kota Ternate jika ada yang harus ditindaklanjuti penangananya dapat dilayani di Puskesmas Kaliumata,” ujar Hj. Rosdiana Turuy.

Pada masa Pandemi Covid-19 ini pelayanan peningkatan reproduksi akan terus dilakukan pelayanan bekerjasama dengan organisasi kesehatan di kota ini, karena masyarakat umum melihat masalah ini sesuatu yang tabu dan malu jika memeriksakan diri dengan peralatan standar reproduksi, tetapi hanya mau memeriksa ke pelayanan kesehatan atau puskesmas dan dokter perempuan.

Dengan kondisi inilah kata Hj. Rosdiana Turuy, pihaknya terpanggil untuk melaksanakan kegiatan ini sehingga dapat mendekatkan pelayanan kepada kaum perempuan untuk memperoleh pelayanan reproduksi tersebut seperti yang dilakukan di lingkungan Sorof Kelurahan Kalumata Ternate Selatan.