Heboh, Akhirnya Ibu-ibu Bisa Tertawa Lepas Setelah Trauma Healing Bersama BSMI

Heboh, Akhirnya Ibu-ibu Bisa Tertawa Lepas Setelah Trauma Healing Bersama BSMI

BSMI DIY berikan trauma healing untuk ibu-ibu yang terdampak erupsi Semeru di desa Sumber Mujur, Lumajang, Jawa Timur, minggu (19/12). 

Dukungan psikososial trauma healing dimaksudkan untuk mengurangi hingga menghilangkan trauma, ketakutan, kecemasan yang mencekam akibat trauma psikologis yang dialami, misalnya terkait letusan gunung Semeru.

Awalnya, ibu-ibu di Sumber, Mujur Lumajang tersebut keluhkan ketakutan dan kecemasan mengenai keadaan mereka,  keluarga dan rumah mereka. Sejak letusan pertama Semeru tahun ini, mereka alami sulit tidur, suka termenung, memisahkan diri dan minder. 

Guna antisipasi gangguan mental emosional tersebut, BSMI adakan trauma healing bagi warga setempat, baik anak-anak maupun dewasa. Tim dukungan piskosial lakukan terapi klasikal dan fun games. 

Trauma healing bersama BSMI buat anak-anak Semeru dan Ibu Ibu yang cemas menjadi ceria kembali. 

Beriasta, relawan psikososial BSMI DIY mengatakan bahwa kegiatan semacam perlu sering dilakukan, sehingga BSMI juga melatih relawan lokal agar kegiatan tersebut dapat berkelanjutan. 

Kegiatan pelatihan diadakan di SMP Raudhatul Mustofa desa Penanggal Kab Lumajang. Lebih dari 20 peserta  dari berbagai lapisan masyarakat lereng gunung Semeru yang siap berkontribusi dalam dukungan psikososial bagi warga mereka sendiri.