FIK UI - RS Marzoeki Mahdi Gelar Workshop Sistem Dokumentasi dan SOP Keperawatan
FIK UI - RS Marzoeki Mahdi Gelar Workshop Sistem Dokumentasi dan SOP Keperawatan

FIK UI - RS Marzoeki Mahdi Gelar Workshop Sistem Dokumentasi dan SOP Keperawatan

(Kota Bogor) Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Program spesialis keperawatan jiwa berkerjasama dengn Rumah Sakit Marzoeki Mahdi Bogor, telah sukses menyelenggarakan “Workshop Sistem Pendokumentasian dan Standar Prosedur Operasional Keperawatan di Rumah Sakit Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor” Rabu (24/4).  Acara ini dihadiri oleh pembicara handal di bidang pendokumentasian Kasuhan keperawatan khususnya keperawatan jiwa yaitu Prof. Dr. Budi Anna Keliat, S.Kp., M.App.Sc dan dua pembicara lain yaitu Ibu DR. RR. Tutik Sri Hariyati, S.Kp., MARS surveior dan pembimbing keperawatan KARS dan Ibu Djuariah Chanafie, SKp. M.Kep.

Workshop ini diisi dengan rangkaian acara penerimaan materi dan dilanjutkan dengan simulasi pendokumentasian sesuai standar SNARS. Sejumlah 75 perawat RSMM mulai dari kepala ruangan, ketua tim dan perawat pelaksana wajib yang didampingi oleh mahasiswa program spesialis keperawatan jiwa universitas indonesia berkerjasama dengan panitia RSMM.

Acara berjalan dengan sangat lancar dan penuh antusias dari peserta, hingga sore hari semangat dari peserta tidak menunjukkan adanya penurunan. Hal ini dikarenakan workshop kali ini sangat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan perawat di lapangan guna memperbarui pengetahuan terkini terhadap pendokumentasian asuhan keperawatan di tatanan layanan rumah sakit jiwa.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menetapkan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) untuk melaksanakan proses akreditasi rumah sakit dengan melakukan sebuah proses penilaian dan penetapan kelayakan rumah sakit berdasarkan standar yang telah di tetapkan oleh lembaga independen akreditasi Kementerian Kesehatan.

Akreditasi rumah sakit ini dilakukan dengan tujuan agar setiap rumah sakit di seluruh indonesia menjadi rumah sakit yang layak sesuai standar pelaksanaannya (KARS, 2018). Teradapat beberapa item penilaian yang ditetapkan oleh KARS, salah satunya adalah pendokumentasian. Pendokumentasian merupakan salah satu bagian penting dalam sistem asuhan keperawatan.

Rumah Sakit Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor sebagai rumah sakit pusat rujukan yang saat ini berkembang semakin giat meningkatkan pelayanan dan sistem pendokumentasian guna meningkatkan pelayanan dan mempertahankan akreditasi yang telah dicapainya. Rumah Sakit BLU dr H Marzoeki Mahdi Bogor merupakan pusat rujukan nasional pelayanan kesehatan jiwa.

Sesuai dengan visi dan misinya menjadi rumah sakit rujukan nasional dengan unggulan layanan rehabilitasi psikososial pada tahun 2019 dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, dan riset unggulan dalam bidang kesehatan jiwa. RSMM bertekat untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dengan standar akreditasi yang maksimal.[]