Didukung Banyak Kalangan, BSMI Karangasem Bali Gelar Layanan Kesehatan Gratis

Didukung Banyak Kalangan, BSMI Karangasem Bali Gelar Layanan Kesehatan Gratis

Bali -- Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Kabupaten Karangasem menggelar layanan kesehatan gratis di Masjid Ibnu Sina, Kampung Dangin Sema, Karangasem, Bali. Kegiatan ini bekerja sama dengan Forum Aliansi Umat Islam (FAUI) Karangasem dan Puskesmas Karangasem I.

Layanan kesehatan gratis yang dimulai pukul 06.00 ini dihadiri jamaah sholat subuh Masjid Ibnu Sina dan Masyarakat Dangin Sema Karangasem, yang mayoritas beragama Islam. Jenis layanan kesehatan gratis yang diberikan di antaranya cek PTM (penyakit tidak menular), cek kolesterol, asam urat dan gula darah. 

Ketua BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia) Kabupaten Karangasem, Bali, H Agus Mustafa, S.Si mengungkapkan rasa bahagianya dapat menyelenggarakan layanan kesehatan gratis dengan baik.

“Berkat rahmat Alloh dan dukungan dari organisasi masyarakat serta instansi pemerintah yankes gratis ini bisa terlaksana dengan lancar”, ujarnya. Hanya saja, kadang kegiatan layanan kesehatan oleh BSMI Karangasem masih terkendala dana, logistik, obat-obatan dan ketersediaan dokter. Oleh karena itu kerjasama dengan lembaga, ormas, dan donatur diharapkan dapat berjalan secara berkesinambungan, pintanya. “Jika ada niat baik, pasti ada jalan”, ujar Agus Mustafa mengakhiri pembicaraan.

Layanan kesehatan gratis di Kabupaten ujung timur Pulau Bali  ini mampu melayani 67 pengunjung dari warga dan jamaah Masjid. "Warga dan jamaah merasa senang dengan kehadiran layanan masyarakat di tengah tengah mereka. Semoga bisa terus dilakukan di daerah Karangasem," ujar beberapa warga masyarakat.