BSMI-Wakaf Salman Komitmen Teruskan Kerjasama untuk Palestina

BSMI-Wakaf Salman Komitmen Teruskan Kerjasama untuk Palestina

BANDUNG -- Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) bersama Merciful Hands Charity bersilaturahim ke Wakaf Salman ITB dalam melaporkan program kemanusiaan dan situasi Palestina terkini di Bandung, Selasa (18/1/2022).

Sekretaris Jenderal BSMI Muhammad Rudi bersama perwakilan Merciful Charity Hasan Alattar dan Muhammad Jalal diterima langsung oleh Sekertaris Yayasan Wakaf Salman Dr. Eng. Very Susanto, Manager Marketing Wakaf Salman Noni Lusiasari, Public Relation Wakaf Salman Sahidah Domahti, Manajer Program Wakaf Salman Bayu Rian Ardiyansyah dan CEO Wakaf Inovasi Nusantara (WIN) Ryan Faisal.

Pada kesempatan tersebut, Hasan menerangkan tentang program kerjasama BSMI dan Wakaf Salman ITB berupa pengiriman ambulans ke Gaza Palestina pada saat terjadi agresi Israel 2021.

Hasan menerangkan hingga hari ini ambulans terus beroperasi untuk mengantarkan warga Gaza yang mayoritas korban perang menuju fasilitas kesehatan.

"Setelah serangan itu satu-satunya ambulans yang sudah siap di Gaza adalah ambulans dari BSMI dan Wakaf Salman. Setelah serangan, hanya butuh tiga hari langsung beroperasi dan amat bermanfaat bagi masyarakat Gaza," ungkap Hasan.

Hasan menyebut, program selanjutnya dari pemanfaatan ambulans adalah biaya operasional dan penyediaan obat-obatan yang memadai untuk mobile klinik menggunakan ambulans. 

Selain operasional ambulans, bantuan alat-alat kesehatan di fasilitas kesehatan di Gaza juga masih dibutuhkan. 

"Bantuan alat kesehatan seperti mesin rontgen dan alat kesehatan lainnya sangat diperlukan di Gaza," ujar dia.

Hasan menyebut, hari ini Gaza sedang dilanda musim dingin yang hebat. Selain itu, hari-hari kini Gaza sedang dilanda banjir besar.

"Kami sudah membagikan baju dan selimut untuk kebutuhan musim dingin dan secara khusus diberikan kepada korban serangan Israel," papar Hasan.

Manager Marketing Wakaf Salman Noni Lusiasari mengatakan, Wakaf Salman bersyukur bisa mendapat kunjungan langsung dari Merciful Hands Charity yang memiliki program nyata dan langsung di Gaza Palestina.

Wakaf Salman, papar dia, berharap setelah kerjasama yang baik lewat bantuan pengiriman ambulans, ke depan bisa menjalin kerjasama program Palestina dengan BSMI dan Merciful Hands.

"Senang sekali dapat kabar dari kunjungan dari BSMI dan Merciful Hands untuk melihat program yang sudah berjalan. Dan pada 2022 semoga ada program yang bisa dikolaborasikan dengan Wakaf Salman," terang Noni.

Sekjen BSMI Muhammad Rudi menerangkan, BSMI selama ini selalu bekerjasama dan berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan Palestina dan rumah sakit-rumah sakit di Palestina untuk program. Salah satu mitra yang fokus membantu penyaluran bantuan ke Palestina adalah Merciful Charity. 

"Hari ini teman-teman dari Merciful Hands datang ke Indonesia dan kita silaturahim ke mitra-mitra yang telah memiliki program bersama di Palestina. Alhamdulillah tadi bisa dilihat program tersebut berjalan dan jangka panjang," terang Rudi.

Rudi menambahkan, BSMI sebagai lembaga operasional dan implementatif terus menjalin kolaborasi dengan lembaga funding seperti Wakaf Salman untuk berbagai program baik di nasional maupun di Palestina.