BSMI Tetap Bekerja Meski Luwu Utara Zona Merah Covid-19

BSMI Tetap Bekerja Meski Luwu Utara Zona Merah Covid-19

Luwu -- Sebelum banjir melanda 6 kecamatan di wilayahnya, Kabupaten Luwu Utara telah dinyatakan sebagai zona merah pandemi Covid 19 oleh pemerintah. Data dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Selasa (16/6/2020), total kasus konfirmasi positif di Luwu Utara mencapai 45 kasus, dengan 32 di antaranya sembuh, dan satu orang meninggal dunia. 

Di tengah bencana banjir ini, belum ada data tambahan dari pemerintah setempat.  Dengan kondisi ini, relawan yang bekerja dalam penanggulangan dampak bencana banjir saat ini rawan terserang pandemi. Sementara pada hari keempat pasca peristiwa banjir, tugas mereka mengatasi dampak materil dan sosial di lapangan masih jauh dari kata tuntas. Masyarakat terdampak masih sangat membutuhkan uluran tangan. 

Meski bekerja di tengah ancaman pandemi, relawan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Sulawesi Selatan (Sulsel) berkomitmen tetap bekerja membantu masyarakat di lokasi bencana. 

Sejak sehari setelah banjir, relawan BSMI Luwu Utara di lokasi telah terlibat melakukan pencarian korban dan penyaluran bantuan berupa sembilan bahan pokok, pakaian dan kebutuhan lainnya bagi korban di beberapa lokasi pengungsian.

Pada bencana banjir Luwu Utara, BSMI Sulsel mendirikan dua posko, yaitu posko 1 sebagai penyokong dan posko 2 didirikan di Masamba, lokasi bencana. Menurut koordinator satuan tugas penanggulangan bencana banjir Luwu Utara BSMI Sulsel, drg Irwan Setiawan, pihaknya akan mengirim utusan medis dari propinsi ke posko 2 untuk supervisi protokoler Covid 19 bagi relawan BSMI Luwu Utara dan Luwu yang bekerja di lapangan. 

“Panggilan kemanusiaan dalam bencana banjir di Luwu Utara ini sangat kuat bagi relawan, tapi kondisi pandemi membuat kami juga lebih berhati-hati. Di lapangan kami menempatkan relawan secara selektif dan efektif. Mereka akan dilengkapi dengan alat safety di lokasi dan mendapat supervisi langsung dari tenaga medis dari propinsi yang pengalaman dalam pandemi Covid 19”, jelasnya.

Dalam kasus banjir di Masamba, Luwu Utara, BSMI Sulsel akan terlibat dalam kegiatan kemanusiaanhingga kondisi di lokasi benar-benar pulih. Bagi masyarakat Indonesia yang ingin menyalurkan bantuan melalui BSMI SulSel, dapat mengirim ke NO REKENING BRI 0050-01-002192-56-1 a.n Bulan Sabit Merah Indonesia. Informasi dan konfirmasi bantuan melalui WA. 6282259009441

Duka Masyarakat Masamba adalah duka kita semua.