BSMI Terima Donasi Wakaf Rp 150 Juta dari Wakaf Salman ITB untuk Ambulans Palestina

BSMI Terima Donasi Wakaf Rp 150 Juta dari Wakaf Salman ITB untuk Ambulans Palestina

BANDUNG -- Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) menerima bantuan dana wakaf dari Wakaf Salman ITB sebesar Rp 150 juta untuk membantu pengadaan unit ambulans bagi masyarakat Palestina. Bantuan dari Wakaf Salman ITB ini adalah bagian dari pengadaan satu unit ambulan senilai 35.000 USD.

Prosesi penyerahan donasi dilakukan secara daring dan diterima langsung oleh Sekretaris Jenderal BSMI Muhammad Rudi, Kamis (20/5/2021).

Rudi mengucapkan terima kasih kepada para muwakif dan Wakaf Salman ITB yang menghadirkan donasi wakaf untuk pengadaan Ambulans bagi Palestina.

BSMI, papar Rudi, adalah lembaga kemanusiaan yang fokus pada kesehatan. Rusaknya fasilitas kesehatan di Palestina khususnya Gaza, hancurnya ambulans serta menipisnya stok obat-obatan menjadi konsentrasi BSMI dalam mengirim bantuan.

"Kami infokan kepada muwakif jika bantuan tahap I ke Gaza sudah sampai pada 18 Mei 2021 bekerjasama dengan Mercyful Hands Charity di Gaza untuk pengadaa alat kesehatan bagi korban agresi Israel yang mengalami disabilitas. Bantuan berupa kursiroda, obat-obatan dan santunan bagi pasien," sebut Rudi.

Rudi juga menginformasikan Kementerian Kesehatan Palestina secara resmi menyurati BSMI untuk membantu pengadaan bantuan kesehatan bagi masyarakat Gaza.

"Diantaranya pengiriman dokter spesialis, fisioterapi, obat dan alat kesehatan. Termasuk diantaranya ambualans. Sebab beberapa ambulans milik Mercyful Hands Charity Gaza turut hancur terkena sasaran bombardir Israel," papar Rudi.

Senior Manager of Corporate Secretary Wakaf Salman ITB Ryan Faisal menambahkan, kumpulan dana wakaf ini berasal dari wakif jamaah Masjid Salman ITB sejak Ramadhan sampai setelah Idul Fitri.

"Harapannya dengan bantuan ini amal jariyah para wakif bisa terus mengalir seiring berjalannya ambulans dalam mendukung program kesehatan warga Palestina," ujar Ryan.

Wakaf Salman ITB memilih program kesehatan sebab program kesehatan menjadi salah satu konsentrasi program dari Wakaf Salman ITB.

"Program pertama dan konsentrasi di bidang kesehatan salah satunya pembangunan fasilitas kesehatan di Kabupaten Bandung dalam progres pembangunan RS yang dibangun dari wakaf. Selain itu kami dapat laporan jika enam dari 22 ambulans di Palestina merupakan wakaf dari masyarakat Indonesia," ujar Ryan.

Wakaf Salman ITB sebagai bagian dari umat, papar Ryan, berkewajiban membantu saudara-saudara seiman di Palestina. Sebab umat Islam seperti satu tubuh, jika satu bagian terluka yang lainnya akan merasakan sakit.

"Wakaf Salman ITB dan BSMI berharap bisa terus konsisten membantu saudara-saudara di Palestina dan berharap bisa disampaikan progres tahap penyaluran sebagai awareness bagi wakif dan calon wakif," tukas Ryan.