BSMI Sumbawa Barat Lakukan Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis Di Desa Rarak Ronges

BSMI Sumbawa Barat Lakukan Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis Di Desa Rarak Ronges

Sumbawa Barat -- Sebagai bentuk kepedulian kepada sesama manusia, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Sumbawa Barat melaksanakan kegiatan berupa bakti sosial di Desa Rarak Ronges Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat.
Ketua Harian BSMI Sumbawa Barat

dr. Fitri Ramanda mengatakan bahwa, sebelum kegiatan dimulai dirinya memperkenalkan diri dan memperkenalkan organisasi BSMI yang berbentuk kerelawanan mencakup latar belakang lintas profesi seperti Dokter, Perawat, Bidan, Analis Kesehatan, Apoteker, Mahasiswa, Dosen, BNPB, Tagana, dan profesi lainnya. 

Ia juga menjelaskan, salah satu kegiatan BSMI menyangkut hubungan sosial kemasyarakatan seperti bakti sosial pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis. Kegiatan hari ini diadakan di Desa Rarak Ronges, lanjut dr. Fitri, dengan pertimbangan bahwa desa tersebut jauh dari  fasilitas kesehatan pertama (Puskesmas).

"Hari ini, kami melakukan baksos pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi masyarakat Desa Rarak Ronges," kata dr. Fitri yang dikenal ramah tersebut kepada media ini, Minggu, (14/8/2022) selesai acara.

Dia mengatakan, pengobatan gratis dan pemeriksaan kesehatan menyasar 74 warga. Antusiasme masyarakat desa Rarak Ronges dalam menyambut kedatangan BSMI sangat gembira dan masyarakat mengapresiasi kegiatan dari BSMI. "Alhamdulillah, masyarakat Desa Rarak Ronges sangat mengapresiasi kegiatan kami, masyarakat sangat antusias dalam mengikuti semua kegiatan kami," tuturnya.

Ia juga menuturkan, relawan yang terlibat dalam kegiatan itu berjumlah 13 orang, terdiri 2 dokter umum, 4 perawat dan profesi lain/umum. Tim BSMI yang turun yaitu ketua harian dr. Fitri Ramanda, dr. Dirga Asna Ceria, Ns. Mahrifatullah Aulia, S.Kep,  Ns. Rusmiadi, S.Kep, Duwisah Putri, Amd.Kep, Dewi Nurintan S.AP, Loli Yulianti, S. Kep, Hasna,  Anwar Ibrahim Yusuf,S.T.,M.M.Inov.,  Nur Ifansyah, M.Pd. Yassir Arafat, SH ,Igo, dan Hendra Ardiansyah. 

Ia berharap, kedepannya kegiatan seperti ini akan rutin diadakan di Desa-Desa yang jauh dari fasilitas kesehatan pertama. Dia berpesan kepada masyarakat agar lebih memperhatikan kesehatannya terutama bagi masyarakat yang memiliki penyakit tertentu misalnya kencing manis (DM) & tekanan darah tinggi (hipertensi) yang mengharuskan penderitanya meminum obat secara rutin. 

Ia juga mengungkapkan bahwa program pemerintah dalam hal kesehatan terutama di Sumbawa Barat ini sudah cukup baik namun mungkin kedepannya pemerintah lebih mengupayakan lagi bagaimana agar masyarakat lebih perhatian dengan kondisi kesehatannya terutama bagi yang memiliki masalah kesehatan tertentu. Dia juga memperkenalkan mitra kerja BSMI dalam baksos kali ini yaitu LAZ DASI Sumbawa Barat dan BAZNAS Sumbawa Barat.