BSMI Sulteng dan YDBB Sinergi Khitanan Massal untuk Dhuafa

BSMI Sulteng dan YDBB Sinergi Khitanan Massal untuk Dhuafa

DONGGALA -- Yayasan Donggala Berbagi Bersama (YDBB) bekerjasama dengan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) menggelar khitanan massal untuk anak-anak duafa yang berada di Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala.

Kegiatan ini digelar sehari, 28 Agustus 2022 di Kafe Net, Jalan Masjid Raya, Kecamatan Banawa. Khitanan massal ini merupakan rangkaian kegiatan Yayasan DBB dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 77 .

Ketua Yayasan DBB, Bachtiar Bahri, mengatakan, khitanan merupakan kewajiban bagi orang yang beragama Islam karena merupakan tuntunan Nabi yang harus dijalankan.

“Khitanan merupakan hal yang sangat penting, menurut Bahri tidak hanya hanya berhubungan dengan ibadah, tapi juga terhadap kesehatan,” kata Bachtiar saat membuka kegiatan.

Menurut Bachri, program khitanan massal merupakan inisiatif dari para pengurus Yayasan DBB. Hal pertama kali dilaksanakan dan menargetkan bisa menjaring 35 anak diseluruh kelurahan di Kecamatan Banawa.

“Ini kali pertama untuk kegiatan khitanan, makanya target kita belum seberapa, baru sekitar 35 orang anak dhuafa. Kami akan berupaya agar bisa menargetkan lebih banyak lagi,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Yayasan DBB, Ian Adrian menjelaskan, bahwa Yayasan DBB bergerak di sektor sosial, kemanusiaan, dan keagamaan. Selain khitanan, pihaknya telah melaksanakan program bebagi daging qurban, Jumat berbagi yakni membagikan makanan, serta pembagian sembako untuk puluhan guru mengaji di Kecamatan Banawa.

Dia berharap, kegiatan kemanusia semacam itu tidak hanya dilaksanakan di Kecamatan Banawa, tapi juga bisa terlaksana di wilayah-wilayah pelosok Kabupaten Donggala dan Sulawesi Tengah.

“Tujuan kami tidak lain adalah membantu antar sesama. Kami menyasar ke warga yang tidak mampu. Apalagi banyak warga dari kalangan menengah ke bawah masih kesulitan untuk membiayayi anak-anak mereka khitanan,” pungkasnya.