BSMI Pertama Kali Gelar Upgrading Skill Basic Mountaineering Camp

BSMI Pertama Kali Gelar Upgrading Skill Basic Mountaineering Camp

Serang (08/12/2019). Navigasi darat - (Navdar) merupakan keahlian dalam penentuan posisi dan arah perjalanan, baik di peta maupun medan yang sebenarnya. Sebagai relawan yang hampir setiap saat dekat dengan alam, pengetahuan peta dan kompas serta cara penggunaannya mutlak harus dimiliki.

Perjalanan ketempat-tempat yang jauh dan asing/tidak dikenal akan menjadi lebih mudah dan aman ketika kita memiliki skill tentang Navdar. Pengetahuan Navdar ini juga bermanfaat saat diperlukan dalam usaha pencarian dan penyelamatan korban kecelakaan atau korban yang tersesat di gunung dan hutan, serta korban akibat bencana alam.

Upgrading Skill Navdar yang dilaksanakan oleh Bulan Sabit Merah Indonesia - BSMI Prov. Banten dalam Basic Mountaineering Camp ini merupakan angkatan I dan merupakan kegiatan pertama kali yang dilaksanakan oleh BSMI.

Acara ini dilaksanakan di Bukit Waruwangi Camp Ground Banten, Padarincang, Kab. Serang pada tanggal 7- 8 Desember 2019 yang diikuti oleh peserta dari berbagai daerah. Tercatat beberapa peserta yang hadir dari Tangerang, Kab dan Kota Serang, Cilegon, Pandeglang, DKI Jakarta, Bekasi, Depok dan bahkan dari Cirebon sangat antusias mengikuti acara ini. "Kami sangat berterima kasih kepada peserta yang datang dari luar daerah Banten, untuk mengikuti acara Pelatihan Navdar ini," kata Dr. Saddam dalam sambutannya.

Beberapa acara dikemas dengan menarik dan materi di berikan oleh trainner handal yaitu Coach Agus (Instruktur Navdar), Coach Seftiandra (Instruktur Snakes Awarenes), dan Coach Zulham Effendi (Instruktur Manajemen Perbekalan).

Diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars BSMI serta sambutan dari dr. Saddam Husein selaku Ketua Panitia Navdar dan Hengky Suryo Winoto sebagai Sekjen BSMI Prov. Banten.

Setelah melakukan pendirian tenda dan Camp, pada hari pertama peserta mulai diberikan materi Outdoors Management (Manajemen Perbekalan, perlengkapan, dan perjalanan). Kemudian dilanjutkan materi Pengenalan Peta, Kompas, dan Navdar oleh Coach Agus.

Yang menarik dalam kegiatan ini tidak hanya materi saja diberikan namun juga ada lomba kompetesi membuat nasi liwet yang dikuti oleh masing-masing kelompok peserta.

Malam harinya peserta diberikan pengetahuan SNAKE AWARENESS, Pemahaman dan kesadaran tentang ular yang dipaparkan oleh Coach Seftiandra.

Pada Ahad paginya acara dilanjutkan dengan praktek dan simulasi Navigasi Darat. Dan acara diakhiri dengan penyerahan hadiah hasil lomba serta penyematan Badge Upgrading Skill dan diakhiri doa penutup.

"Acara ini sangat penting untuk mengasah skill para relawan BSMI dalam menghadapi bencana alam seperti yang pernah terjadi di Aceh dalam menerobos jalanan yang sudah tertutup oleh puing-puing dan reruntuhan," ujar Coach Agus.

Beberapa waktu lalu terdapat peningkatan masalah kemanusiaan di Indonesia yang diakibatkan oleh bencana alam berupa gempa, tsunami, banjir bandang dan tanah longsor. Sebagai bagian dari organisasi kemanusiaan yang setiap saat berada dilokasi bencana kemanusiaan dan alam, relawan BSMI wajib memiliki bekal berupa pengetahuan navigasi darat yang diperlukan untuk usaha pencarian dan penyelamatan korban dalam bencana kemanusiaan dan bencana alam.

"Upgrading Skill Navigasi Darat dalam Basic Mountaineering Camp 2019 Prov. Banten ini adalah pertama kali diadakan di Banten dan juga Cabang BSMI di seluruh Indonesia. Dan diharapkan seluruh Cabang BSMI bisa mengadakan acara seperti ini, untuk upgrading skill relawan BSMI menghadapi bencana" ujar Sekjen BSMI Prov. Banten dalam sambutan penutupan acara Navdar Basic Mountaineering Camp Batcb I 2019 BSMI Prov, Banten.