BSMI Maros Kelola Donasi Barang Bekas Untuk Program Sosial

BSMI Maros Kelola Donasi Barang Bekas Untuk Program Sosial

MAROS -- Barang bekas menjadi modal utama tiga program unggulan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Cabang Maros dalam program Sedekah Barang Bekas Jadi Berkah.

Program BSMI Maros yang bekerja sama dengan Yayasan Sedekah Berdaya ini telah berjalan sejak 1 Agustus 2022.

“Konsep sedekah barang bekas ini kami mulai sejak tanggal 1 Agustus. Jadi dibuka dari awal bulan agustus hingga waktu yang belum kami ditentukan, sebab ini program berkepanjangan BSMI Maros yang bekerja sama dengan Yayasan Sedekah Berdaya” terang Firman Butros Galih selaku sekretaris BSMI Maros.

Kegiatan ini menyasar para donatur di tiga daerah, yakni Kab. Maros, Kab. Pangkep, dan Kota Makassar yang mempunyai barang bekas yang layak untuk dijual kembali.

“Untuk area open donasinya ini masih seputar daerah yang terjangkau, seperti Kota Makassar, Kab. Maros, dan Kab. Pangkep. Bisa kami jemput maupun diantarkan langsung ke sekret kami” papar Galih.

“Perihal barang yang bisa didonasikan, itu belum kami batasi. Sambil program ini berjalan, akan kami tinjau kembali apa-apa saja yang bisa menghasilkan. Karena ini konsepnya menerima barang bekas, lalu kami menjual barang bekas tersebut dengan harga jual yang kami tentukan sendiri” tambahnya.

Galih menerangkan bahwa terdapat tiga program sosial yang menjadi tujuan dari penggalangan dana melalui pengelolaan barang bekas ini. Yaitu bantuan beasiswa bagi yatim/duafa, siaga bencana dan pelayan kesehatan, serta pengadaan ambulan BSMI Maros.

“Insya Allah hasil dari penjualan barang bekas ini, akan kami gunakan untuk menjalankan tiga program unggulan yang kami gabungkan. Program unggulan dari Yayasan Sedekah Berdaya yaitu memberikan beasiswa kepada yatim dan duafa. Sedangkan dua program lainnya dari BSMI, yaitu siaga bencana dan pelayanan kesehatan, serta pengadaan ambulan” terangnya.

Galih menambahkan bahwa saat ini sudah ada beberapa donasi barang bekas yang terkumpul. Tim gabungan Sedekah Berdaya dan BSMI pun telah mulai menjual donasi barang bekas di salah satu kios Pasar Batangase, Maros pada Jumat, 5 Agustus kemarin.

Galih dan tim berencana akan melakukan penjualan barang bekas tersebut setiap hari pasar, yakni hari selasa dan jumat.