BSMI Maros Berdayakan Bulan Sabit Remaja Dalam Pelayanan Kesehatan Gratis

BSMI Maros Berdayakan Bulan Sabit Remaja Dalam Pelayanan Kesehatan Gratis

MAROS -- Setelah sukses membentuk Bulan Sabit Remaja (BSMR) di Madrasah Aliyah (MA) Ainus Syamsi Maros, Relawan BSMI Maros langsung menggandeng BSMR tersebut dalam pelayanan kesehatan di lingkungan sekolah mereka, Kel. Baju Bodoa, Kec. Maros Baru, Kab. Maros.

Pelayanan kesehatan gratis ini adalah program “BSMI Goes to School” yang dalam kesempatan tersebut ditujukan untuk siswa(i) Madrasah Ibtidaiyah Ainus Syamsi pada hari Minggu, tanggal 28 Agustus 2022.

“Kegiatannya Ahad kemarin, tanggal 28 Agustus jam 7 pagi di MI Ainus Syamsi kelas satu dengan peserta berjumlah ada 30 anak” pungkas Ihsan Sandira selaku Ketua BSMI Maros.

Ihsan mengaku bahwa selain bekerja sama dengan relawan muda BSMR yang baru mereka rekrut, kegiatan ini juga hasil kerja sama dengan Yayasan Sedekah Berdaya.

“Kami bekerja sama dengan Yayasan Sedekah Berdaya dalam hal fundraising. Sekaligus untuk memberdayakan adik-adik BSMR yang baru kami rekrut kemarin. Supaya secara langsung terlibat dalam kegiatan bulan sabit merah cabang Maros” paparnya.

Ihsan mengungkapkan bahwa rangkaian kegiatan ini terdiri senam sehat, sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta sosialisasi kesehatan gigi dan mulut.

“Kegiatannya dimulai dengan senam sehat, setelah itu ada PHBS, baru kemudian ada juga sosialisasi kesehatan gigi dan mulut serta cara sikat gigi yang benar” terang ihsan.

“Kami juga bagi-bagi sikat gigi dan pasta gigi untuk kelas satu, serta ada doorprize atau bingkisan untuk adik-adik peserta, agar mereka semangat untuk mengikuti acara” tambahnya.

Peserta dan guru yang hadir sangat antusias dan berharap adanya kegiatan lanjutan dari pelayanan kesehatan tersebut. “Respon peserta luar biasa. Adik-adik sangat antusias dan energik. Dari pihak gurunya sendiri, mereka sangat welcome dan berharap untuk berikutnya kami adakan kegiatan lagi untuk muridnya” kata Ihsan yang juga membawakan materi kesehatan gigi dan mulut.

Diakhir wawancara, ketua BSMI Maros ini menyampaikan bahwa terdapat tiga program lanjutan untuk BSMR MA Ainus Syamsi Maros.

“Kami berdiskusi dengan para guru mengenai BSMR di sekolah mereka. Rupanya mereka mengusulkan agar UKS mereka di kelola. Ini sebagai salah satu follup-nya, yaitu pertama pemberdayaan BSMR, kedua pengelolaan UKS, dan ketiga program dokter cilik di sekolah mereka” tutupnya.