BSMI Mamuju Sukses Menggelar 5 Aksi Kolaborasi Kemanusiaan, Berikut Rangkaian Kegiatannya

BSMI Mamuju Sukses Menggelar 5 Aksi Kolaborasi Kemanusiaan, Berikut Rangkaian Kegiatannya

MAMUJU -- Relawan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Kab. Mamuju kembali mengajak beberapa elemen untuk berkolaborasi pada kegiatan kemanusiaan yang telah dipusatkan di Desa Labuang Rano, Kec. Talapang Barat, Kota Mamuju, Sulawesi Barat, tanggal 15 Agustus 2022.

Pada kegiatan ini, BSMI Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kab. Mamuju berkolaborasi dengan Lembaga Satuan Inovasi Riset dan Pengabdian Masyarakat (SIR-PM) STIKES Andini Persada, Program Ma’silambi Dinkes Provinsi Sulbar, Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa, dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKES Andini Persada.

“Kegiatan kolaborasi ini telah berjalan sukses. Terdapat 5 rangkaian kegiatan, yaitu pemeriksaan kesehatan, sunatan massal, edukasi dampak pernikahan usia dini terhadap stunting, edukasi pemberian ASI eksklusif terhadap penanganan stunting, serta edukasi penggunaan kosmetik illegal” papar Akbar Nur selaku ketua BSMI Mamuju.

Dengan mengusung tema “Gerakan Keluarga Peduli Stunting“, BSMI Mamuju turut andil dalam pencegahan stunting. Hal ini menjadi landasan BSMI Mamuju mengambil inovasi tersebut. Dimana peran atau keterlibatan keluarga menjadi hal yang paling utama dalam pencegahan maupun penanganan stunting.

“Tim kolaborasi BSMI telah melakukan kegiatan di Desa Labuang Rano dengan sasaran Kader Posyandu,  Ibu PKK, Pasangan Usia Subur (PUS), Masyarakat umum, Pelajar Siswa SMP dan Juga Pelajar SMA” kata Akbar.

“Adapun Relawan pada kegiatan ini telah diterjunkan sebanyak 72 orang yang tersebar di 6 titik” tambahnya.

Akbar yang juga merupakan Ketua Lembaga SIR_PM STIKES Andini Persada ini menyampaikan bahwa Tim kolaborasi terdiri dari Relawan BSMI Mamuju, Dosen STIKES Andini Persada, Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK-M Heart), Duta Kosmetik dan BEM STIKES Andini Persada.

“Kegiatan ini juga mendapat support dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat, sehingga pemberangkatan para relawan telah dilakukan pelepasan langsung oleh Bapak drg.  Asran Masdi,  SKG., MAP” tuturnya.

Akbar mengaku bahwa BSMI Mamuju akan terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan sunatan massal secara gratis.

Semoga kegiatan berikutnya BSMI Mamuju terus meningkatkan kolaborasi dan memperluas layanan Bulan Sabit Merah Indonesia” tutupnya.