BSMI Lombok Timur Semarakkan HUT 77 RI dengan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

BSMI Lombok Timur Semarakkan HUT 77 RI dengan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

LOMBOK TIMUR -- Salah satu rangkaian acara Karang Taruna Naga Sunting desa Pringgajurang kecamatan Montong Gading dalam menyemarakkan HUT RI ke-77 adalah mengadakan kegiatan Bakti Sosial Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman SDN 1 Pringgajurang ini di khususkan bagi masyarakat desa Pringgajurang.

Ketua Karang Taruna Pringgajurang, Sandy Ari Wijaya mengatakan, kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan sekaligus pengobatan gratis merupakan kali pertama dilaksanakan oleh Karang Taruna desa Pringgajurang.

“Ini agenda perdana, bisa di bilang spekulasi karena kita tidak pernah sama sekali melaksanakan ini, jadi momennya tepat kita coba bulan Agustus ini” tutur Sandy saat dikonfirmasi di lokasi kegiatan pada Minggu ( 21/8 ).

Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan, hanya 20 lebih pendonor yang dinyatakan sehat dan boleh untuk donor darah. Tentunya hal ini dapat membantu ketersediaan stok darah yang ada di PMI Lotim, sehingga dapat membantu masyarakat yang membutuhkan.

Sandy menyatakan, semarak kemerdekaan Indonesia melalui kegiatan donor darah juga adalah momentum bentuk solidaritas sosial kepada masyarakat yang ada khususnya di Lombok Timur yang nantinya membutuhkan darah untuk kesehatannya.

Selain itu ia menegaskan, dengan donor darah maka akan menjadikan tubuh sehat dan bugar.“Tujuannya yaitu menjadikan tubuh sehat dan bugar sekaligus menjadi kegiatan sosial bagi masyarakat luas yang membutuhkan darah” jelas Sandy.

Sementara itu untuk kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis sasarannya adalah para orang tua yang membutuhkan Vitamin maupun obat.

Bakti sosial donor darah dan pengobatan gratis yang dilaksanakan adalah hasil kerjasama antara Karang Taruna desa pringgajurang dengan Palang Merah Indonesia ( PMI ) Lotim, Bulan Sabit Merah Indonesia ( BSMI ) Lotim dan Puskesmas Montong Betok.

Selain kegiatan Donor Darah dan Pengobatan Gratis, Karang Taruna desa Pringgajurang Juga mengadakan berbagai macam lomba seperti lomba Festival Merpati se-pulau Lombok, Lari Maraton se – Lotim, Diskusi Kebangsaan dengan tema Nasionalisme, Turnamen Remi.

Selanjutnya Lomba untuk menghibur masyarakat, diadakan lomba Lari Karung, Sendok Kelereng, Tarik Tambang, Lomba Makan ( tahan rasa seperti rasa asam ataupun pedas), dan turnamen Mobile Legends.

“Agenda terakhir nanti kita adakan pembubaran panitia / keakraban, nanti kita coba kerjasama dengan Dishub supaya keluarga dari anggota Karang Taruna ini bisa ikut” tutupnya.