BSMI Kota Bogor dan Mahasiswa FT UI Gelar Baksos Kesehatan untuk Anak dan Lansia

BSMI Kota Bogor dan Mahasiswa FT UI Gelar Baksos Kesehatan untuk Anak dan Lansia

BOGOR -- BSMI Kota Bogor bersama Mahasiswa FT UI 2022 menggelar kegiatan bakti sosial kesehatan berupa khitanan massal dan medical check up lansia. 

Ketua BSMI Kota Bogor Irfan Sudrajat mengatakan, pada acara yang digelar tersebut setidaknya empat anak mendapatkan layanan khitan gratis dan medical chek up diikuti tak kurang dari 40 lansia pada Senin (4/7/2022). 

Irfan menuturkan kegiatan ini digelar di Kampung Cilaku Ilir, Desa Cilaku, Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor. Irfan menyebut kegiatan bakti sosial kesehatan ini adalah bagian dari tanggung jawab BSMI sebagai lembaga kemanusiaan dan sosial di wilayah kota dan kabupaten Bogor. 

"BSMI Kota Bogor skala kota dan kabupaten berusaha merespons sesegera mungkin bencana di wilayah kota dan kabupaten Bogor baik skala besar maupun kecil baik itu bencana alam maupun non alam siap direspons BSMI kota Bogor," ujar Irfan. 

Ia menyebut antuasisme masyarakat di wilayah Cilaku Ilir sangat baik. Semuanya merespons positif sejak perencanaan hingga pada hari pelaksanaanya. 

"Alhamdulillah karena dukungan dari warga dan sambutan terbuka dari warga acara ini bisa terlaksana dengan baik termasuk kolaborasi dengan teman-teman mahasiswa dari FT UI. Kami juga ucapkan terima kasih kepada segenap relawan yang turun pada saat pelaksanaan," papar Irfan.

Sekretaris Desa Cilaku Jumawan mengatakan bahwa acara yang digelar BSMI Kota Bogor sangat memberikan manfaat besar kepada warga di desanya. 

"Kami atas perwakilan warga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BSMI kota Bogor atas bantuan yang diberikan kepada warga di sini," ujar Jumawan.

Sebelumnya BSMI Kota Bogor juga menggelar kolaborasi dengan beberapa pihak dalam memberikan layanan. BSMI Kota Bogor pada awal Mei 2022 bekerjasama dengan Orari untuk membuka layanan pemeriksaan kesehatan gratis di Pos Dukungan Komunikasi Gadog, Kabupaten Bogor.

Pemeriksaan kesehatan itu merupakan kepedulian Pengurus Cor Orari Lokal Kabupaten Bogor bekerja sama dengan BSMI Kota Bogor bagi para petugas Pam Lebaran, Jurnalis dan masyarakat umum.

“Selain petugas Pam, kami pun membuka pemeriksaan untuk temen-temen jurnalis dan masyarakat umum. Adapun pemerikasaan kesehatan ini meliputi Tensi Darah dan Tes Gula Darah,” kata Penanggung jawab Posko, Deby Puspito.

Sementara itu, tenaga medis BSMI yang juga Ketua BSMI Kota Bogor Irfan menyebutkan, pemeriksaan kesehatan gratis mendapat respon baik dan antusias para petugas Pam lebaran, Jurnalis dan masyarakat umum.

“Kami mengadakan cek kesehatan ini karena melihat petugas yang berjaga dari H-5 sampai H +7 Idul Fitri,” ungkapnya.

Yuni, salah seorang jurnalis TV swasta menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh Cor Orari dan BSMI tersebut. Dia berharap, kegiatan itu bisa terus berlanjut seperti di Pam Nataru dan kegiatan-kegiatan lainnya. “Saya ucapin terima kasih banyak buat Cor Orari dan BSMI,” ungkapnya.