BSMI Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Dahsyat Bangladesh

BSMI Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Dahsyat Bangladesh

DHAKA -- Banjir dahsyat di Bangladesh telah menewaskan puluhan orang dan membuat ratusan ribu orang mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sebagian pengungsi bahkan memutuskan bergerak menuju negara tetangga, India.

Wilayah Sylhet, yang terletak di timur laut negara itu dan berbatasan dengan India, adalah daerah yang terdampak paling besar.

Alhamdulillah BSMI bisa memberikan kontribusi dengan mengirimkan bantuan pelayanan medis dan pemberian sembako untuk pengungsi di wilayah Tahirpur, Shunamganj, Sylhet.

Mitra BSMI di Bangladesh, dr AKM Waliullah menuturkan tim relawan berangkat dari ibu kota Dhaka pukul 4 pagi. Perjalanan ditempuh dengan kendaraan disambung Speedboat, disambung kendaraan becak disambung perahu biasa. Tim baru tiba di lokasi pukul 11.30 waktu setempat.

Relawan langsung menggelar pelayanan kesehatan di sebuah sekolah dan selama dua hari melakukan pembagian kebutuhan pokok kepada pengungsi.

"Alhamdulillah kami banyak merawat wanita, anak-anak dan pasien lansia dari korban banjir. Kami bersyukur sebagai dokter bisa memberikan manfaat bagi korban banjir. Terima kasih masyarakat Indonesia melalui BSMI yang sudah memberikan perhatian dan bantuan kepada warga Bangladesh," ujar dr Waliullah.

Ketua Umum DPN BSMI M Djazuli Ambari mengatakan, bantuan untuk pengungsi Bangladesh adalah perwujudan visi BSMI untuk bisa terjun dalam aksi kemanusiaan global. 

Ia menyebut pada setiap kejadian bencana luar biasa di dunia, BSMI semaksimal mungkin bisa mengambil peran dengan berkolaborasi bersama dengan lembaga kemanusiaan internasional.

"Spirit BSMI adalah kemanusiaan yang tidak terbatas sekat geografis. Alhamdulillah program-program sosial kemanusiaan BSMI di Indonesia banyak diterima dengan baik untuk masyarakat. Tanpa melupakan aksi kemanusiaan di dalam negeri, BSMI ingin berperan dalam aksi kemanusiaan global. Tentu dengan bekerjasama dan kolaborasi dengan sejawat lembaga kemanusiaan global yang terpercaya," sebut dia.