BSMI Jadi Narasumber Pelatihan Kedaruratan Medis SAR DIY

BSMI Jadi Narasumber Pelatihan Kedaruratan Medis SAR DIY

YOGYAKARTA -- BSMI Provinsi DIY berkolaborasi dan menjadi narasumber dalam program Sinau Bareng Pertolongan Pertama Gawat Darurat Kesiapsiagaan Gunung Merapi pada Ahad (3/7/2022).

Relawan BSMI DIY dr Puspita didaulat menjadi narasumber untuk sesi kedaruratan medis dengan didampingi relawan Medical Response Unit SAR DIY. 

Puspita mengatakan kerjasama BSMI dengan SAR DIY sudah berlangsung lama terutama dalam persiapan dan antisipasi bencana erupsi Gunung Merapi. 

"BSMI DIY sudah lama berkolaborasi dengan SAR DIY terutama untuk persiapan Merapi sebelum pandemi Covid. SAR DIY mempercayakan untuk penanganan medis kepada BSMI. Lalu selama Covid sempat off jadi hanya pelayanan kesehatan di posko-posko SAR dan sekarang tinggal di wilayah Kalikuning," ujar Puspita. 

Maka untuk meningkatkan kapasitas, SAR DIY menggelar acara upgrading skill dengan tajuk Sinau Bareng Pertolongan Pertama Gawat Darurat Kesiapsiagaan Gunung Merapi. "BSMI diminta mengisi fokus pada bab kedaruratan medis, kita menerjunkan tiga relawan untuk mengisi materi," sebut Puspita. 

Selain teori, Tim BSMI juga melakukan praktik dengan proses penanganan pada kasus tersedak, keracunan, pingsan, epilepsi, paparan panas dan paparan dingin.  

"Alhamdulillah saat ini kondisi Merapi masih aman sehingga fokusnya upgrading ilmu dari teman-teman agar nanti saat penanganan lebih tepat," ungkap Puspita.

Puspita menerangkan, selain kedaruratan medis, komponen SAR DIY juga mendapatkan pelatihan seputar dasar-dasar pertolongan pertama kegawatdaruratan, pemindahan dan pengangkatan penderita, anatomi dan faal dasar, bantuan hidup dasar, seputar patah tulang, penanganan luka bakar dan listrik dan triage.

"Semua materi itu disampaikan bergantian dengan semua unsur dari SAR DIY termasuk kepercayaan kepada BSMI DIY sebagai bagiannya," kata Puspita.

Setelah materi, juga akan digelar simulasi penanganan bencana secara terpadu pada tanggal 10 Juli 2022. "Setelah materi dan teori akan dilakukan simulasi bersama pada tanggal 10 Juli 2022," sebut Puspita.