BSMI Gabung Relawan Lintas Profesi Baksos di Ujungkulon

BSMI Gabung Relawan Lintas Profesi Baksos di Ujungkulon

UJUNGKULON -- Sebagai lembaga kemanusiaan yang bergerak di bidang kesehatan dan sosial, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Banten turut berperan aktif dalam membantu masyarakat dalam hal pemeriksaan kesehatan secara dini. 

BSMI Banten bergabung bersama relawan lintas profesi untuk melakukan bakti sosial pemeriksaan gratis di wilayah Rancecet, Ujung Kulon.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Serang sebagai inisiator giat ini menggandeng IAI, Kimia Farma, tim dokter RS. Mata Achmad Wardi, RS Sari Asih, BSMI dan Sahabat Relawan Indonesia untuk ambil bagian dalam bakti sosial lintas profesi di Desa Rancecet Kecamatan Cimanggu, Ujung Kulon pada hari Ahad (17/7/22).

Perwakilan BSMI Banten dr Zaddam Wahid mengatakan, acara bakti sosial pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan dokter umum dan dokter spesialis  termasuk untuk anak, jantung, mata dan kehamilan. 

"Jenis pelayanan lain yaitu khitan, pemeriksaan laboratorium sederhana, pembagian buku untuk anak yang dikhitan, pembagian buku pelajaran untuk perpustakaan," terang relawan BSMI asal Kota Serang ini.

Agenda ini dimulai pukul 08.00 pagi dengan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan kepada 300 warga, 13 khitan anak di Desa Rancecet serta 70 warga, 11 khitan anak di Desa Kadu Handap dan layanan kesehatan selesai pada pukul 12.00 siang itu.

Zaddam mengungkapkan, BSMI bergabung dengan relawan lintas profesi karena memiliki satu misi sama yakni kemanusiaan. Dia mengatakan program digelar di wilayah yang memang perlu bantuan dan sentuhan dari berbagai ahli.

"Dokter spesialis juga ikut turun semoga ini benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat terutama di wilayah Ujung Kulon dan ikut dalam meningkatkan kualitas kesehatan," sebut Zaddam. 

Warga di wilayah Rancecet juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh relawan yang turun. Babinsa Rancecet Ajat Sudrajat mewakili masyarakat juga mengucapkan terima kasih atas pelayanan baksos yang digelar bagi warga. 

"Alhamdulillah terima kasih banyak atas pelayanan baksos ini sehingga warga terbantu dalam pemeriksaan kesehatan, saya juga mendapat pelayanan pemeriksaan mata secara gratis," ungkap Ajat Sudrajat, Babinsa Rancecet. 

Warga juga berharap semoga agenda ini akan terus konsisten dilaksanakan oleh lembaga lintas profesi ini sehingga banyak kebermanfaatan yang diterima oleh masyarakat yang membutuhkannya.