BSMI DIY dan Klaten Terjun Jadi Tim Medis Aksi Bela Palestina Yogyakarta

BSMI DIY dan Klaten Terjun Jadi Tim Medis Aksi Bela Palestina Yogyakarta

YOGYAKARTA -- Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) DI Yogyakarta dan Klaten berkolaborasi menjadi tim medis dalam Aksi Bela Palestina di titik 0 Km, Yogyakarta, Jumat (21/5/2021). 

Koordinator Tim Relawan BSMI Nazir Hasan Tim BSMI DI Yogyakarta dan BSMI Klaten menerjukan 16 relawan medis dan non medis serta satu unit ambulans. Tim juga melakukan pemantauan mobile di empat titik.

"Alhamdulillah Aksi Bela Palestina di Yogyakarta berjalan damai dan tertib. Dari sisi medis, ada dua peserta aksi yang harus mendapat pertolongan dari tim medis. Satu orang kami rujuk ke RS PKU Kota Yogyakarta dengan ambulans BSMI karena kondisi perlu rujukan," terang Nazir dalam paparannya. 

Nazir mengatakan, BSMI DI Yogyakarta dan BSMI Klaten terus berpartisipasi dalam berbagai edukasi, sosialisasi dan aksi Palestina.

"Sebagai lembaga kemanusiaan BSMI terpanggil dalam melakukan berbagai aksi untuk Palestina yang memerlukan tindakan dan aksi kemanusiaan. BSMI DI Yogyakarta dan BSMI Jawa Tengah juga melakukan edukasi dan penggalangan dana untuk Palestina yang dihimpun terpusat di Dewan Pengurus Nasional (DPN) BSMI," terang Nazir.

Bantuan dari masyarakat seluruh Indonesia telah dilakukan penyaluran tahap I untuk pengobatan, alat kesehatan untuk para korban di RS Asy-Syifa Gaza. Pada tahap selanjutnya, papar dia, akan dilakukan pengiriman bantuan tahap selannjutnya termasuk pengiriman relawan medis ke Gaza dan bantuan ambulans untuk Palestina.

"BSMI terlibat aktif dalam edukasi, penggalangan dana, penyaluran dana langsung ke Gaza dan terlibat aktif seperti hari ini sebagai tim medis di Aksi Bela Palestina di DI Yogyakarta hari ini," katanya.