BSMI dan UPZ Bank Sumut Gelar Khitanan Massal di Wilayah Terpencil dan Minoritas

BSMI dan UPZ Bank Sumut Gelar Khitanan Massal di Wilayah Terpencil dan Minoritas

TOBA -- Bank Sumut melalui Unit Pengumpul Zakat Bank Sumut (UPZ Bank Sumut) bersama Baznas Toba,Pemkab Toba dan BSMI Sumatera Utara beserta pihak lainnya hadirkan Khitan Massal Dhuafa yang berlokasi di Desa Saribu Raja Kec. BALIGE Kab. TOBA , Sumatra Utara. 
Kegiatan khitan ini bekerjasama dengan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Sumut sebagai tim dokter pelaksana khitan yang diadakan untuk masyarakat Muslim di daerah minoritas Balige.

Sekretaris BSMI Sumatera Utara Hendrik mengatakan kegiatan ini adalah kolaborasi antara BSMI dengan semua pihak untuk membantu masyarakat di daerah minoritas dan pelosok.

Pria yang akrab disapa Koko ini mengatakan, khitan adalah sebuah sunnah bagi anak-anak Muslim. Namun di daerah minoritas kadang masih butuh banyak bantuan dari berbagai pihak.

"Ini adalah kolaborasi BSMI dengan berbagai pihak untuk membantu mereka yang berada di pelosok dan minoritas agar tetap bisa menjalankan sunnah dalam agamanya. Semoga kolaborasi ini bisa berlanjut untuk kemanfaatan masyarakat di Sumatera Utara," sebut Koko. 

Pengurus UPZ Bank Sumut M Hakim Sitompul mengungkapkan khitanan massal ini untuk mereka yang mendapatkan layanan khitan sebagai bentuk kepedulian sesama.

“Khitan massal ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan bantuan bagi mereka yang sulit mendapatkan layanan khitan serta sebagai bentuk kepedulian Bank Sumut kepada masyarakat dhuafa dimana dananya berasal dari gaji karyawan/ti yang beragama Islam," ucap M.Hakim Sitompul.

Kegiatan ini dihadiri Langsung oleh Pengurus UPZ Bank Sumut M. HAKIM Sitompul selaku sekretaris UPZ Bank Sumut, Pemkab Toba diwakili staf ahli, Perwakilan Kemenag Toba, Perwakilan MUI Toba, Perwakilan Bank Sumut Cabang Balige, Pimpinan Baznas Toba, tim dokter BSMI Sumut, Petugas upz M. Syahbuddin Kaban, Rahmad syahputra donatur, Tokoh Adat dan Agama Kab. Toba.

“Saya sangat berterimakasih kepada UPZ Bank Sumut yang telah memberi kami bantuan khitanan massal di kec. Balige ini, dengan adanya khitanan massal ini masyarakat kami sangat terbantu dalam hal kesehatan dan ajaran islam. Semoga seluruh Pegawai dan Manajemen Bank Sumut serta para tim dari UPZ Bank Sumut mendapatkan keberkahan atas terselenggaranya kegiatan ini dan seluruh pegawai terus sukses dan sehat dalam melaksanakan tugasnya,” ujar Fathurohman Ketua Baznas Toba.

Ka. KUA Silaen Sahlan Haribi Siregar, program kesehatan di Kec. BALIGE meliputi Khitan Massal untuk 100 anak anak dhuafa. Jarak yang Jauh tidak menjadi hambatan bagi peserta khitan demi mendapatkan fasilitas kesehatan Khitan Massal dan masyarakat setempat menyambut kegiatan khitan massal tersebut “ucap sahlan”

“Saya sangat berterimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada UPZ Bank Sumut yang telah membantu kami dalam mendapatkan layanan khitan gratis di desa kami ini, biasanya sangat sulit bagi kami untuk mendapatkan layanan khitan seperti ini dikarenakan jarak tempuh desa kami yang jauh dari puskesmas ataupun layanan kesehatan yang lain dan juga medan yang sulit untuk di tempuh,” Ujar orgtua peserta khitan.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses, semua peserta khitan mendapatkan hadiah berupa, kain sarung, celana khitan dan uang saku, dalam acara ini, PZ Bank Sumut juga memberikan bantuan honor dai di daerah pelosok dan minoritas