BSMI dan BMH Kolaborasi Kirim Ambulans ke Palestina

Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) dan Baitul Maal Hidayatullah (BMH) berkolaborasi menyalurkan bantuan ambulans bagi warga Gaza Palestina.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) BSMI M Djazuli Ambari mengatakan, bantuan ambulans ke Gaza adalah bagian dari program bantuan dari rakyat Indonesia untuk Palestina.

Djazuli menyebut, BSMI telah menyalurkan bantuan ambulans tahap pertama ke Gaza saat agresi zionis beberapa bulan lalu.

"Alhamdulillah sampai sekarang ambulans terus digunakan untuk membantu warga Gaza. Antar jemput warga Gaza yang membutuhkan pertolongan medis hingga kini," papar Djazuli dalam keterangannya, Senin (27/9/2021).

Djazuli mengatakan, BSMI bekerjasama dengan beberapa pihak di Indonesia untuk menyalurkan bantuan ambulans. Kali ini, BSMI kerjasama dengan Baitul Maal Hidayatullah.

"Program untuk Palestina menguatkan hubungan kedua negara. Bagaimanapun Palestina situasinya saat ini dalam cengkraman zionis sehingga kebutuhan kemanusiaan untuk warga Palestina masih akan terus dibutuhkan," tutur dia.

Divisi Program dan Pendayagunaan (Prodaya) BMH Adi Yusuf menambahkan, wilayah Palestina bisa kapan saja mendapatkan serangan dari zionis. 

Sebab itu, bantuan ambulans menjadi salah satu bantuan yang diperlukan untuk bersiaga.

"Palestina saat ini masih terjajah, serangan kekejaman bisa terjadi kapan saja. Sehingga ambulans adalah armada yang paling dibutuhkan untuk membantu warga Gaza dan sekitarnya," papar Adi.

Adi menyebut kerjasama BMH dengan BSMI dibangun sebab rekam jejak BSMI dalam penyaluran bantuan ke Palestina telah diakui.

"BSMI adalah lembaga kemanusiaan profesional sehingga kita harapkan kerjasama ini bisa memberikan manfaat dan kontribusi bagi warga Palestina," tutur dia.

Adi menyebut, selain bantuan ambulans, BMH juga menyalurkan beberapa program ke Palestina seperti program Ramadhan, kurban, rumah tahfidz di Palestina, dapur umum dan bantuan musim dingin.