BSMI Buka Posko Hingga Masa Recovery, Warga Sedih Saat Relawan Pamit

BSMI Buka Posko Hingga Masa Recovery, Warga Sedih Saat Relawan Pamit

MAKASSAR -- Banjir yang menggenang Kota Makassar pada tanggal 7 Desember 2021, menggerakkan sejumlah relawan BSMI Makassar untuk terjun langsung ke titik bencana.

“Saat kami melakukan mobile clinic ke rumah-rumah warga, saat itu sudah muncul beberapa penyakit khas banjir. Kami langsung memberikan penanganan lebih awal. Seperti pemberian salep dan obat-obatan kepada warga yang terjangkiti. Setidaknya mereka merasa lebih nyaman” terang dr Isman Sandira selaku ketua BSMI Makassar saat berada di lokasi banjir.

Relawan BSMI mendirikan posko kesehatan tidak jauh dari lokasi banjir yang melanda warga ke kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

“Kami langsung buka posko kesehatan tanggal 7 Desember. Pertama-tama kami melakukan assessment di rumah-rumah warga” pungkas Dzulkikifli selaku Kepala Posko Kesehatan BSMI.

“Adapun hasil assessment yang diperoleh oleh tim kami di BTN KODAM III, Paccerakang, Kecamatan Biringkanaya yaitu terdapat 100 KK di RT. 04, 199 KK di RT. 03, 105 KK di RT. 02, dan 71 KK di RT. 01” sambungnya.

Dzulkifli memaparkan bahwa kegiatan berlanjut di tanggal 8 dan 9 Desember. Mereka menggencarkan pemeriksaan kesehatan. Dari posko kesehatan hingga ke rumah warga yang tidak mengungsi.

“Penyakit yang umumnya muncul ialah demam, gatal-gatal, sakit lambung, batuk-batuk, hingga hipertensi” ucap pemuda yang juga merupakan Pendiri Association Of Gowa Student (ASGET) ini.

Ia juga mengaku bahwa respon warga sangat bahagia dan berterima kasih karna merasa terbantu oleh relawan BSMI. Diakui bahwa BSMI adalah satu-satunya program kesehatan yang langsung turun ke lokasi banjir tersebut.

“Waktu kami pamit, warga merasa sedih, bahkan ada yang memeluk saya sambil mengucap terima kasih, hingga meminta saya menjadi anaknya” terang Dzulkifli sembari menyunggingkan senyum.

Diakhir wawancara, Ia menyampaikan bahwa Pemerintah juga mendukung penuh kegiatan BSMI serta mengucapkan terima kasih banyak atas aksi kemanusiaan para relawan yang bertugas.