BSMI Banten Terjukan Relawan di Banjir Serang, Ini Daftar Kebutuhan Mendesak

BSMI Banten Terjukan Relawan di Banjir Serang, Ini Daftar Kebutuhan Mendesak

SERANG -- Banjir besar melanda wilayah Kota dan Kabupaten Serang, Banten yang mengakibatkan lima warga meninggal dunia dan setidaknya 3.500 jiwa terdampak. 

Curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi angin kencang sejak Sabtu hingga Selasa (1/3) menyebabkan banyak titik di wilayah Kabupaten dan Kota Serang terendam banjir. 

Sekretaris Umum BSMI Banten Hengky Suryo Winoto menuturkan curah hujan tinggi dalam beberapa hari ini membuat Sungai Cibanten meluap dan banjir menerjang puluhan titik di dua kota/kabupaten tersebut.

Saat ini, papar dia, kebutuhan mendesak untuk penyintas banjir Serang adalah makanan siap saji, selimut, pakaian pantas pakai untuk bayi, balita, dewasa, terpal untuk tenda dan obat-obatan.

"Itu kebutuhan mendesak hari ini dan beberapa hari ke depan. BSMI Provinsi Banten juga membuka posko termasuk penerimaan bantuan di kantor BSMI Provinsi Banten Jln Banten Indah Permai Blok D3 No.13," ungkap Hengky.

Hengky mengatakan, BSMI langsung menerjunkan tim untuk melakukan evakuasi warga serta menyalurkan kebutuhan makanan siap saji.

"Di wilayah Karangantu Alhamdulillah tim  BSMI bersama Basarnas dan relawan lainnya berhasil evakuasi dewasa 7 orang, 7 anak dan proses evakuasi terus berjalan. Bahkan ada desa yang terisolasi untuk dilakukan evakuasi karena aliran arus cukup deras," papar Cahyo, Ketua BSMI Kota Serang.

Selain evakuasi, BSMI Banten juga telah mendistribusikan makanan siap saji ke beberapa titik diantaranya Lokasi pengungsian Bumi Mutiara Serang. Hampir 300-an paket makanan siap saji dari BSMI Cabang di Provinsi Banten dan mitra lain telah tersalurkan.

"BSMI Banten juga berkolaborasi dengan lembaga / komunitas untuk membuat kampung hangat untuk layanan kesehatan dan psikososial untuk wilayah Banten Lama," ungkap Hengky.