Berdayakan Warga Lereng Semeru, BSMI Latih Kader Kesehatan Lokal

Berdayakan Warga Lereng Semeru, BSMI Latih Kader Kesehatan Lokal

BSMI DIY mempunyai ide menarik, selain memberikan layanan kesehatann trauma healing dan salurkan logistik bagi warga terdampak erupsi Semeru, mereka juga melatih warga setempat menjadi kader kesehatan. 

Dr Latifah, relawan medis BSMI di Semeru mengabarkan bahwa Tim mereka sudah melatih empat warga lereng Semeru dengan pengetahuan dan ketrampilan dasar kesehatan. 

Harapannya, mereka dapat membantu awasi kesehatan warga mereka sendiri seperti timbang badan, ukur tekanan darah, suhu badan dan bahkan cek gula darah atau kolesterol. Jadi mereka tidak akan tergantung pada relawan luar passca bencana alam nantinya.

BSMI serahkan alat kesehatan setelah pelatihan kader kesehatan warga lereng Semeru. 
 
Kader kesehatan akan  dapat mengamati kondisi kesehatan,  membantu  deteksi dini masalah kesehatan pada keluarga dan tetangga mereka yang tak lain adalah warga terdampak Semeru serta memberikan saran yang sesuai, termasuk rujukan ke Puskesmas atau rumah sakit jika diperlukan. 

Ini sesuai dengan salah satu prioritas BPBD untuk penanganan pasca bencana di Lumajang, yaitu meningkatkan kualitas hidup pengungsi, pungkas Bambang Edi, ketua BSMI DIY.