Baru Terbentuk, BSMI Sumbawa Terlibat Diberbagai Kegiatan Sosial

Baru Terbentuk, BSMI Sumbawa Terlibat Diberbagai Kegiatan Sosial

Sumbawa -- Meskipun baru seumur jagung, namun keberadaan relawan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Kabupaten Sumbawa sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Para relawan turut terlibat dalam berbagai kegiatan sosial, bersama organisasi lainnya yang ada di daerah.

Kepada media ini, Ketua BSMI Sumbawa – Yogi Pratama Mustaram mengungkapkan, BSMI terbentuk di Kabupaten Sumbawa sejak bulan Maret lalu. Atas antusiasnya para relawan untuk bergabung menjadi anggota BSMI Sumbawa, akhirnya SK keluar pada 4 Juni 2022, dengan jumlah anggota sekitar 47 orang.

Walau baru beberapa bulan terbentuk, namun cukup banyak kegiatan sosial yang diikuti relawan BSMI Sumbawa, seperti kegiatan bakti sosial pengobatan dan khitanan massal di Pulau Moyo pada 12 Juni lalu, dimana itu bekerjasama dengan IDI Sumbawa dalam rangka HBDI. Kemudian menggandeng MWC NU Kecamatan Labuhan Badas untuk melaksanakan khitanan massal 29 Juni lalu. Selanjutnya khitanan massal di Kecamatan Plampang pada 6 Juli 2022, dimana BSMI Sumbawa berkolaborasi dengan GP Ansor.

Kegiatan sosial yang diikuti selanjutnya yakni penyaluran bantuan kepada korban kebakaran di Desa Juranalas Kecamatan Alas pada 1 Agustus lalu, bersama BSMI Sumbawa Barat. Serta menggelar baksos bersama ARCI dan IROPIN dalam rangka anniversary ARCI pada 6 Agustus lalu di Taman Genang Genis, sekaligus menyambut HUT RI ke 77.

Dalam kegiatan ini, lanjut Dokter Yogi, pihaknya berperan untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis, mulai dari pemeriksaan kesehatan, konsultasi, penyuluhan kesehatan jiwa, sekaligus screning status mental, pemeriksaan mata sederhana dan pembagian kacamata gratis. Dengan total pasien yang diperiksa sebanyak 60 orang. ‘’Pada prinsipnya BSMI Sumbawa siap berkolaborasi dengan siapapun dalam agenda kegiatan sosial kemasyarakatan,’’ tutur dokter muda Sumbawa ini.

Adapun tim BSMI Sumbawa yang terlibat yakni  dr. Yogi Pratama Mustaram, MMR, dr. Muhamad Zaky, dr. Ivan Aprian Akbar, dr. Giant Wirasakha, dr. Tri Waliyudin Afif, dr. Nuria Lafiza Wulandini, Irma Nanda Pratama S.Kep.,Ns, Alpian Sugianto Amd.Kep, Hendri Edi Arjuna S.Kep.,Ns, Khairunisa M.Psi., Psikolog, serta Ray Mei Purwadi S.Kep.,Ns. ‘’Terimakasih banyak kami sampaikan kepada seluruh tim yang sudah meluangkan waktu untuk dapat bergabung. Harapannya kedepan lebih banyak lagi manfaat yang bisa kita berikan kepada masyarakat,’’ pungkasnya.