BSMI Gabung dalam Simulasi Tanggap Darurat BPBD Banten

BSMI Gabung dalam Simulasi Tanggap Darurat BPBD Banten

Serang – Simulasi Tanggap Darurat dalam rangka peningkatan kapasitas klaster relawan kebencanaan yang diprakarsai oleh BPBD Provinsi Banten telah dilaksanakan di area Danau KP3B Banten.  BSMI gabung sebagai salah satu peserta dari 55 lembaga kemanusiaan yang tergabung dalam Desk Relawan Banten mengirimkan relawannya untuk berperan aktif dalam agenda simulasi ini. (22/9/2021).

“Alhamdulillah giat simulasi hari ini dapat dilaksanakan dengan baik, semoga DRB semakin solid dan selalu berusaha meningkatkan kapasitas relawannya,” ujar Chandra Yudha Apriza dari Dept. Logistik & Penanganan Pengungsi BSMI Provinsi Banten.

Kegiatan yang dimulai sejak tanggal 9 dan 14 September serta hari ini adalah rangkaian kegiatan untuk memberikan edukasi dan literasi kepada masyarakat tentang kebencanaan, melakukan sosialisasi dalam mengurangi risiko bencana dan meningkatkan skill lembaga-lembaga dan relawan terkait kebencanaan agar saat diterjunkan ke lokasi bencana, relawan akan mampu dan siap berkontribusi secara optimal.

Dalam simulasi bencana banjir di Kecamatan Curug Kota Serang hari ini diikuti oleh 70 peserta, secara resmi dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten, Nana Suryana, ST. M.Si. Simulasi saat ini menitikberatkan pada 3 (tiga) klaster yaitu klaster SAR dibawah Komando BASARNAS, klaster kesehatan dibawah Komando Dinas Kesehatan dan klaster Dapur Umum dibawah Komando Dinas Sosial/Tagana. Dan BSMI sebagai lembaga kemanusiaan berbasis medis turut andil di klaster kesehatan bersama PMI dan MDMC.