Gempa Susulan Besar Saat Makan Malam

by bsmi / 21 Feb, 2023

Catatan Harian Tim Aju BSMI

Kami relawan BSMI bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh baru saja tiba di camp pengungsian di Ataturk Park Kahramanmaras Senin (20/2/2023) jelang waktu Maghrib. 

Membawa bantuan logistik sembako, obat-obatan dan mainan anak-anak. Karena waktu sudah gelap, kami ditawari teman-teman AFAD untuk bermalam di sini, di camp Ataturk Park bersama relawan dan penyintas. 

Setelah selesai mengantarkan bantuan logistik, kami menuju tenda tempat menginap. Kami ditempatkan di tenda nomor 418 bersama penyintas baik warga Turki maupun Suriah. 

Bakda shalat Maghrib kami menuju cafetaria yang ada di taman guna membeli makan malam. Kami berlima berada di tenda sembari menikmati makan malam. Menyiapkan program esok hari untuk penyaluran logistik tahap kedua dan kegiatan psikososial. Termasuk program cukur rambut bagi penyintas.

Di tengah makan malam, bumi bergetar. Sangat kuat dan cukup lama. Lebih dari 10 detik. Guncangannya terasa ke samping. Beda dengan saat di Petobo yang guncangan gempanya naik turun. Mengetahui kami berada di tenda di tengah lapangan, kami cukup tenang, tetap berada di tenda. 

Setelah agak mereda, langsung bersahutan tangis anak-anak pecah dari satu tenda ke tenda yang lain. Para orang tua juga memekikkan "Ya Allah...Ya Allah."  "Allahu Akbar...Allahu Akbar."

Kami merasakan trauma yang sangat kuat terutama pada anak anak. Para orang tua juga langsung menelepon kerabat di tempat lain. Trauma besar masih mengikuti para penyintas.  Beberapa warga yang kami ajak mengobrol sebelumnya juga menolak jika pembicaraan menyenggol tentang kejadian gempa.

Teman-teman relawan Indonesia yang tergabung dalam satu grup WhatsApp yang dikomandoi KBRI Ankara saling berkabar. Ternyata magnitudo cukup besar 6,4. Epicentrumnya di dekat Hatay. Tak terbayang jika kami masih di Hatay. Apalagi kami menginap di lantai 2.

Kami kontak beberapa relawan yang sempat berjalan bersama, ternyata semuanya mengalami kepanikan terutama yang menginap di gedung-gedung atau hotel. Gempa susulan ini dirasakan merata di semua kota yang terkena dampak gempa pertama.

Semoga  Allah SWT menolong masyarakat Turki. Hanya kepada Engkau kami berserah diri.

Selamatkan Satu Jiwa Sambung Seribu Asa

Hafidz Muftisany
Humas DPN BSMI