Palestina
 
ALT NAME

Mandiri Syariah - Palestina

7015.119.548

Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) memasok bahan bakar minyak (BBM) berupa 1.710 solar ke Rumah Sakit Shifa, Gaza, Palestina. Satu tangki BBM tersebut disumbangkan untuk mengurangi krisis listrik di Gaza karena habisnya persediaan BBM. Kebutuhan akan pasokan BBM ini merupakan permintaan khusus dari Kementrian Kesehatan Palestina melalui Kepala Pusat Informasi Dr Medhaat Abbas kepada BSMI melalui surat elektronik. RS Shifa dikatakan sangat membutuhkan aliran listrik untuk menolong pasien yang terancam tidak bisa mendapatkan pelayanan medis.

"Diharapkan, bantuan ini bisa mengurangi penderitaan rakyat palestina yang membutuhkan pelayanan medis yang bukan di RS Shifa, melainkan juga di sejumlah RS di Gaza," ujarnya. Ketua Umum BSMI Muhammad Djazuli Ambari mengupkan, BSMI mendapat informasi dari Kementrian Kesehatan Palestina bahwa sejak krisis listrik, ribuan pasien akan terancam kesehatanya. Banyak pasien gagal ginjal yang kesulitan mendapatkan layanan cuci darah karena krisis listrik tersebut.

Menurutnya ketiadaan solar untuk menghidupkan ganset di sejumlah rumah sakit juga membuat sekitar 39 ruang operasi akan berhenti bekerja. " Kondisi darurat di sejumlah sektor medis akan semakin bertambah jika krisis listrik berkelanjutan disebabkan larangan impor bahan bakar ke sejumlah rumah sakit dan tidak beroperasinya pembangkit listrik Gaza karena saat dibombardir militer Israel.

Disamping krisis listrik, sejumlah rumah sakit juga mengalami kekurangan obat-obatan. Djazuli menjelaskan, sekitar 347 jenis obat dan perlengkapan medis tidak memiliki pasokan. " BSMI turut mengajak dunia internasional atas nama kemanusiaan untuk membantu krisis listrik dan BBM yang telah menggangu aktivitas pelayanan pasien RS di Gaza, selain itu BSMI menghimbau rakyat Indonesia menyalurkan bantuan kemanusiaan ke warga Gaza yang kesulitan karena blokade Israel.

Bantuan yang sudah terealisasi :

  • Penyaluran bantuan logistik seperti, makanan pokok, susu, kursi roda dan kebutuhan pengungsi yang distirbusikan melalui kontak personal BSMI di Gaza dan sejumlah relawan lokal.
  • Distribusi daging hewan kurban di Gaza.
  • Pengadaan tangki air dan kebutuhan air bersih.
  • Pasokan tangki solar untuk Rumah Sakit di Gaza atas kerjasama dengan Kementrian Kesehatan Palestina mengatasi krisis listrik.

 

Your browser does not support the canvas element.