RS Lapangan BSMI Jadi Bahan Studi Mahasiswa Kedokteran Universitas Alkhairaat

RS Lapangan BSMI Jadi Bahan Studi Mahasiswa Kedokteran Universitas Alkhairaat

Palu -- Dewan Pengurus Nasional (DPN) Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) menggelar kuliah umum mengangkat "Peranan RS Lapangan dalam Penanganan Masalah Kesehatan di Wilayah Bencana" di Universitas Alkhairaat, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (12/11).

Paparan di depan seratusan mahasiswa Fakultas Kedokteran Alkhairaat tersebut disampaikan oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Anggota BSMI dr Basuki Supartono.

Basuki memaparkan tentang pengalaman BSMI mendirikan RS Lapangan di berbagai lokasi bencana dan acara-acara besar. 

Ia menyebut, RS Lapangan BSMI setidaknya sudah sembilan kali beroperasi di berbagai wilayah bencana. Diantaranya Tsunami Aceh, gempa Padang, gempa Yogyakarta, gempa Pidie Jaya, banjir Jakarta dan terakhir adalah Gempa Lombok dilanjut dengan gempa, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah.

"Kita sudah memiliki standar pendirian RS lapangan, tatacara dan prosedur operasional sesuai teori pendirian RS Lapangan. Prosedur RS Lapangan BSMI ini langsung mendapat supervisi dari ahlinya Dr Wolfgang Titius dari Jerman," papar Basuki

Wakil Dekan III FK Universitas Alkhairaat Palu drg Lutfiah yang hadir dalam kuliah umum tersebut mengaku terkesan dengan RS Lapangan BSMI yang masih beroperasi di Sigi.

Ia menyebut, Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat akan menjadikan RS Lapangan BSMI sebagai bahan studi untuk memperkaya pembelajaran para calon dokter ini.

Para mahasiswa kedokteran Alkhairaat, papar Lutfiah, akan mengunjungi RS Lapangan BSMI di Sigi secara berkala untuk mempelajari langsung sistem dan operasional sebuah Rumah Sakit Lapangan.

"RS Lapangan ini merupakan sejarah di Palu ini. Kami sangat terinspirasi meskipun tidak berharap bencana ini terjadi lagi," kata Lutfiah.

Usai kuliah umum, BSMI dan Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat melakukan penandatanganan MoU Kerjasama dalam Bidang Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat.

"Semangat BSMI dan FK Universitas Alkhairaat sama untuk mengabdikan keilmuan di bidang kesehatan untuk kemaslahatan kemanusiaan," papar Basuki.

_Bagi masyarakat yang ingin mendonasikan dananya untuk Gempa Sulteng bisa transfer ke rekening BSM 7015 119 537 a.n Bulan Sabit Merah Indonesia_

Kontak Sekjen BSMI Muhammad Rudi 0812-8181-5316