BSMI Sumut Bantu Pengungsi Rohingya, Mereka Butuh Kita !!!
BSMI Sumut Bantu Pengungsi Rohingya, Mereka Butuh Kita !!!
BSMI Sumut Bantu Pengungsi Rohingya, Mereka Butuh Kita !!!
BSMI Sumut Bantu Pengungsi Rohingya, Mereka Butuh Kita !!!

BSMI Sumut Bantu Pengungsi Rohingya, Mereka Butuh Kita !!!

Mendapat informasi terdamparnya puluhan pengungsi Rohingya di desa Kuala Raja Kec. Kuala Biruen, tepatnya  Jum’at 20/04/2018 sekitra pkl.14.30 Relawan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Sumut, langsung bergerak ke lokasi dan sesampai di sana langsung berkordinasi dengan pihak-pihak yang terkait yang turut membantu meringankan bebabn para pengungsi Rohingya.

"Dari pendataan sementara yang kami lakukan, ada 44 orang laki-laki, 27 perempuan dewasa, dan 8 anak-anak (1 pr). Seluruhnya mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, gangguan pernafasan serta susah buang air besar, akibat terkatung-katung di laut, selama 8 hari 10 jam" tutur koko selaku Sekretaris BSMI Sumut yang juga turut di berangkatkan.

Saat ini mereka di tempatkan di Gedung SKB Cot Gapu Bireun untuk sementara waktu dan telah di kordinasi olah pihak imigrasi dan pemerintah Aceh.

Ada beberapa di atara para pengungsi yang sedang mengalami gangguan kesehatan, sebagian bahkan ada yang sampai pingsan tak sadarkan diri, Melihat kondisi ini Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) serta Dinas Kesehatan (Dinkes) Biruen saling bekerja sama untuk membuka posko kesehatan, membentuk tim medis untuk senantiasa stay 24 jam di posko kesetahan tersebut secara bergantian.

Mulai dari dehidrasi akut atau kekurangan cairan, gangguan pernafasan, susah buang air besar dan sakit perut, semua gangguan kesehatan yang di alami oleh para pengungsi telah mampu tertangani dengan baik dan pulih kembali secara perlahan lahan, ujar koko yang berada di lokasi pengimgsian.

Bang koko panggilan akrabnya juga menambahkan bahwa, pada mulanya segala kebutuhan para pengungsi selain bantuan kesehatan juga masih sangat terbatas, pakain ganti, pakaian dalam, perlengkapan mandi, selimut bahkan makanan pokok adalah kebutuhan yang sangat di butuhkan oleh para pengungsi di sana.

Bantuan yang saat ini telah di salurkan oleh BSMI adalah berupa :

a. Bantuan Kesehatan dan obat-obatan
b. Pemberian Trauma Healing di lokasi pangungsi
c. Bantuan Perlangkapan Mandi
d. Bantuan pakaian (pakaian dan sarung)
e. Pemberian bantuan berupa Gula sebanyak 30kg

Semoga bantuan kecil ini mampu memberi manfaat dan sedikit meringankan beban derita para pengungsi etnis Rohingya.

Terima Kasih bagi para donatur yang telah turut berdonasi dan kami masih sangat berharap bantuan dari para donatur untuk bisa lebih maksimal membantu para pengungsi etnis rohingya yang membutukan uluran tangan dari kita semua.

Salurkan donasi Anda melalui Rekening Kemanusiaan BSMI dan bisa klik link dibawah ini
http://bit.ly/BSMIPeduliRohingya