Ambulans BSMI Hadir di Rohingya
Ambulans BSMI Hadir di Rohingya

Ambulans BSMI Hadir di Rohingya

(Cox's Bazar) Bantuan kemanusian untuk meonolong pengungsi Rohingya di pengungsian Cox Bazar, Bangladesh, masih terus berlanjut. Kebutuhan dasar bahan pangan dan pelayanan kesehatan masih dibutuhkan pengungsi Rohingya. Sebagai bentuk kepedulian sesama, relawan lembaga kemanusiaan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) kembali diterjunkan untuk menyalurkan bantuan internasional warga Rohingya di pengungsian Cox Bazar, Bangladesh, Sabtu (27/1). 

Bantuan yang telah disalurkan berupa satu unit ambulans untuk transportasi pengungsi Rohingya saat layanan pemeriksaan kesehatan. Untuk pengadaan bantuan unit ambulans, BSMI bekerjasa ma dengan NGO (non goverment organization) lokal yaitu Charity Society of Bangladeshi Doctors (CSBD). Layanan ambulans akan beroperasi selama jangka waktu setahun untuk menolong kesehatan pengungsi Rohingya di Bangladesh.  

Menurut koordinator relawan BSMI di Cox Bazar, Bangladesh, Muhamad Djazuli Ambari, SKM, M.Si, penyaluran bantuan Rohingya bekerjasama dengan mitra-mitra lokal untuk kemudahan dan efektifitas. Bekerjasama dengan CSBD, relawan kemanusiaan yang diturunkan terdiri dokter spesialis, dokter umum, paramedis, ahli gizi, apoteker dan logistik. Ratusan pasien rohingya telah mendapatkan layanan kesehatan di posko medis pengungsian Rohingya di Thaingkali, Cox Bazar, dan mendapatkan paket obat-obatan serta paket nutrisi untuk wanita hamil dan lansia. 

Sementara itu, pantauan dari relawan BSMI di pengungsian Cox Bazar, kondisi tempat pengungsian Rohingya masih belum memadai dalam aspek kebersihan dan sanitasi. Oleh karena itu, BSMI akan memfasilitasi pengadaan MCK (mandi cuci kakus) dan sarana air bersih untuk kebutuhan pengungsi Rohingya. Diharapkan dengan adanya pengadaan MCK dan sarana air bersih, kondisi pengungsi semakin membaik dan meminimalisir keluhan-keluhan kesehatan selama di tempat pengugsian. 

Hingga saat ini, BSMI masih menerima donasi untuk pengungsi Rohingya dalam bentuk dana kemanusiaan. Sejumlah pengurus dan relawan BSMI di berbagai daerah masih melakukan penggalangan dana kepada masyarakat setempat yang masih antusias membantu Rohingya. Jumlah donasi nasional sudah terkumpul lebih dari lebih dari Rp 2 miliar rupiah dan berharap masih terus bertambah. “Terima kasih tidak terhingga bagi para donatur Indonesia yang mengamanahkan donasi Rohingya melalui BSMI,” kata Djazuli.[]