BSMI

Yankes dan Logistik BSMI Sambangi Pengungsian Tanpa Posko Bantuan

Tuesday, 22 January 2013 09:40 administrator

Jakarta (21/1). Bergerak sejak selasa malam (15/1) saat banjir mulai menggenangi Jakarta, BSMI maksimalkan beragam bentuk bantuan. Mulai dari memfasilitasi tenda pengungsian, tim evakuasi, layanan kesehatan (yankes), dapur umum dan logistik. Hal ini tentu saja sebagai aksi tanggap darurat BSMI dan didukung oleh para donatur dan para relawan.

Hingga Minggu (20/1), lebih dari 500 korban banjir mendapat layanan kesehatan dan obat-obatan. Ratusan nasi bungkus diproduksi dapur umum BSMI guna menunjang pangan para pengungsi di Cililitan, salah satu lokasi banjir yang tak jauh dari mabes BSMI. Untuk yankes, selain tersedia di mabes BSMI sehingga bisa didatangi oleh korban di sekitar, digencarkan juga yankes berjalan. Kegiatan ini guna memenuhi permintaan tenaga medis dan obat-obatan yang masuk ke BSMI. Umumnya, ketua RW atau tokoh masyarakat setempat atau warga yang peduli menyampaikan permintaan bantuan ke BSMI.

Layanan kesehatan berjalan menyambangi beberapa RW di Kelurahan Cililitan, daerah Karet Kubur Tanah Abang, Condet dan Bidara Cina. Yankes berjalan diselenggarakan di lokasi tersebut karena sebelumnya tak ada bantuan yankes yang sampai kepada mereka. Padahal, paska banjir, warga yang mengungsi menjadi rawan terkena penyakit. Penyakit yang banyak ditemukan adalah kasus diare, penyakit kulit, dan ISPA (infeksi saluran pernapasan akut).  Beberapa orang sakit yang memerlukan perawatan lebih lanjut segera dirujuk ke rumah sakit terdekat dengan menggunakan ambulans BSMI.

Rencananya, Senin (21/1) tim BSMI akan turun ke Kampung Apung Muara Jakarta Utara. Seperti dilaporkan oleh koordinator lapangan BSMI peduli banjir Jakarta, Syekh Abdul Qodir, daerah tersebut belum tersentuh bantuan. Sementara ada lebih dari 200 KK mengungsi di tiga titik pengungsian disana. Nantinya, BSMI akan mengadakan layanan kesehatan, mendistrisbusikan bahan makanan dan pakaian serta menyelenggarakan aktivitas trauma healing bagi korban anak-anak di pengungsian.

Dengan perkiraan cuaca hujan yang masih terus dinamis, masyarakat diharapkan untuk terus siaga. BSMI berusaha terus melayani korban banjir Jakarta dan upaya tersebut tak lepas dari donatur anda. Salurkan donasi dan infaq anda melalui rekening Bulan Sabit Merah Indonesia di Bank Syariah Mandiri no 7015 119 537 dan BCA Syariah no 1000 083 003 atau donasi langsung ke mabes BSMI di jalan Dewi Sartika 19, Cililitan, Jakarta Timur, telp 021-80876527. Untuk info yang lebih lengkap bisa menghubungi Syekh Abdul Qodir di 081932138532.(zy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *