BSMI

Warga Bengkulu Panik Diguncang Gempa 5.2 SR

(Foto:bmg.co.id)

(Bengkulu – BSMI.OR.ID) Gempa berkekuatan 5,2 Skala Ritcher (SR) kembali mengguncang Bengkulu pada pukul 15.11 WIB, Selasa, 24 Mei 2011. Meskipun tidak terlalu kencang, sempat membuat panik masyarakat.Kepanikan terjadi di salah satu pusat perbelanjaan Bengkulu Indah Mall sekitar 50 meter dari Pantai Panjang. Para pengunjung berlarian keluar dari mal dan sempat membuat kacau parkiran yang ada di sana.

“Awalnya saya tidak tahu ada gempa, waktu lihat orang teriak gempa dan berlarian, saya juga ikut lari. Apalagi ingat posisi kita ada di pinggir pantai, takutnya tsunami,” ujar salah seorang pengunjung, Marina, yang diwawancarai setelah kondisi mulai tenang.Tidak hanya pengunjung mal, para pedagang yang mengadu nasib di sepanjang Pantai Panjang juga sempat takut. Beberapa di antaranya ada yang menyelamatkan diri, namun ada juga yang tetap tenang karena tidak terdengar adanya peringatan tsunami dari sirine yang ada.

“Gempanya kecil, makanya saya tidak terlalu khawatir, apalagi tidak ada sirine peringatan. Tapi, beberapa teman saya yang kebetulan rumahnya tidak jauh dari pantai ada yang sempat pulang untuk menyelamatkan keluarganya,” jelas Iwan, pedagang Bakso di Pantai Panjang.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika Kepahiyang, Provinsi Bengkulu, Dadang Permana, yang dikonfirmasi mengatakan gempa yang baru saja terjadi tersebut tidak berpotensi terhadap tsunami. “Gempa berkekuatan 5.2 SR terjadi di 34 kilometer atau 96 kilometer Barat Daya Bintuhan,” jelas Dadang. (tempo-interaktif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *