BSMI

WARGA ACEH BERSATU: DESAK PEMERINTAH BANTU PENGUNGSI ROHINGYA

menteri-sosial-khofifah-indar-parawansa-berdialog-dengan-anak-pengungsi-_150525123656-610

 

(Aceh – BSMI.OR.ID) Untuk menyelamatkan ribuan migran Bangladesh dan Rohingya yang berada dilepas pantai Mei lalu, warga provinsi Aceh mendesak pemerintah Indonesia untuk segera membuka wilayah perbatasan.

Sesepuh nelayan Serambi Mekkah, Kapten Yahya Hanafiah, telah meminta armadanya untuk membawa para migran Bangladesh dan Rohingya.

“Kami meminta nelayan di Aceh untuk menyelamatkan mereka demi kemanusiaan. Kehidupan ini terus berputar, tidak ada yang tahu kapan kita akan kembali membutuhkan bantuan dari orang lain seperti kejadian tsunami Aceh dulu,” kata Hanafiah.

Ketua Komite Nasional Pemuda ibukota Aceh Hasnanda Putra, mendesak pemerintah Indonesia untuk berbuat lebih banyak dalam membantu Rohingya. Termasuk juga menekan Myanmar untuk menyelesaikan masalah yang menyebabkan Muslim Rohingya tersebut meninggalkan negara asalnya.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh Teungku Faisal Ali, mengatakan bahwa pemerintah tidak bisa membiarkan para migran mati kelaparan, “Ini adalah kasus kemanusiaan, dan perlu keterlibatan masyarakat internasional untuk membantu mereka,” tandasnya.

Sebagai respon dari permintaan warga Aceh, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) siap membantu pengungsi Rohingya di Aceh, adapun dana yang disiapkan akan berasal dari Kementerian Sosial (Kemensos). “Kita sudah keluarkan anggaran APBN untuk itu dan sudah saya perintahkan Kemensos semuanya,”kata JK di kepada media massa.

Sedangkan menurut Menteri Sosial RI Khafifah Indarparawangsa menjelaskan bahwa Kemensos telah menyalurkan dana sebesar Rp2,3 miliar untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi, salah satunya sandang.

“Kebutuhan sandang, selimut, kids wear. karena jumlah anak ada sekitar 231, dan kebutuhan family, matras, dan tenda,” kata Khafifa. Anggaran ini diambil dari anggaran dana bencana tepatnya di Direktorat Bencana Sosial.

Adapun pengungsi yang menderita sakit di lokasi pengungsian akan difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kota. Selain menggelontorkan anggaran negara, Indonesia juga telah menerima bantuan dari beberapa negara tetangga seperti Singapura yang telah berperan serta membantu pengungi sebesar Rp2,6 miliar. []

Sumber Berita: Dari berbagai sumber

Editor: Dian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *