BSMI

Sharing Penggalangan Dana ala BSMI Duri

(Jakarta – BSMI.OR.ID) Kebutuhan akan sumber pembiayaaan program dan kegiatan menjadi persoalan yang kerap melilit cabang-cabang. BSMI Pusat mengadakan Workshop Fundraising dengan menghadirkan Ketua BSMI Bengkalis-Duri Ir. Abdul Gaffar, untuk berbagi tips dan motivasi dalam hal penggalangan dana guna mencari solusi sumber-sumber pembiayaan di Hotel Aliya Jakarta, Ahad (21/06).

Mulai dari strategi Pemilahan sumber-sumber pemasukan (segmentating), Penjabaran sasaran (targeting) danPositioning hingga pembentukan jaringan untuk mencapai trust dari  potensi donatur atau mitra, Ir. Abdul Gaffar mengemukakan bahwa semua orang berpotensi baik, hanya informasi dan pemahaman yang belum datang kepadanya bahwa melalui BSMI donasi dapat disalurkan. tips dalam mengajak donatur atau mitra adalah mengenalkan profil diri sendiri dengan memaparkan apa yang sudah kita lakukan dan rencana program/kegiatan apa yang akan dilaksanakan kedepannya.

Pertanyaan dari peserta tentang upaya mengelola penggalangan dana dijawab beliau bahwa sumber daya tidak hanya dari BSMI tetapi bisa juga dari diluar BSMI dan disebut olehnya adalah investor. “Dalam kemanusiaan pun, seseorang dapat berinvestasi dalam kegiatan kemanusiaan” pungkasnya. Lebih lanjut dijelaskan bahwa generasi muda semestinya lebih banyak inovasi dibandingkan generasi tua yang memang lebih banyak pengalaman, ini juga berlaku dalam hal Penggalangan Dana. Sumber-sumber pembiayaan bisa berasal dari Perseorangan, Komunitas, Perusahaan/CSR, penjualan produk dan event-event besar.

Acara workshop dihadiri utusan dari BSMI Cirebon, BSMI Padang, Tegal, Kota dan Kabupaten Bandung, BSMI Kota Sukabumi dan BSMI Yogyakarta. Output dari acara para peserta akan membuat profi-profil BSMI cabang sebagai “pengenalan diri” yang merupakan tahap awal Strategi Penggalangan Dana” . (Dul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *