BSMI

Seminar untuk UPN Tinggi Fakultas Kedokteran

 

(Jakarta) – BSMI.OR.ID. Pembina Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Dr. Basuki Supartono, SpOT, FICS, MARS memberikan ceramah dan pengalaman penanganan bencana di Indonesia dihadapan ratusan mahasiswa kedokteran Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, di Gedung PKK Melati Jaya Jakarta, Ahad (4/11). Di sela-sela ceramahnya, Dr. Basuki memperkenalkan pelajar Palestina Abdelrahman Elnweiri yang disambut riuh dari para mahasiswa yang hadir.

Pada kesempatan acara yang digagas oleh BEM FK UPN tersebut, Dr. Basuki menceritakan pengalamannya dalam penanganan bencana baik dari dalam negeri. Penanganan bencana atau konflik, lanjut Dr. Basuki, harus direncanakan dengan baik dan tidak asal-salan. Dengan perencanaan yang baik, maka para korban bencana akan dapat dibantu dengan mudah dan bahkan jika bisa harus membuat para korban tersenyum. “Senyuman para korban pada sebuah bencana sangat sulit diraih jika para relawan kemanusiaan tidak pandai untuk mengorganisir bantuan dan tindakan kegawatdaruratan. Senyum mereka, adalah kebahagiaan yang tak ternilai bagi para relawan. BSMI juga berupaya dalam penanganan bencana di sebuah lokasi minimal satu tahun, sehingga para korban bisa kembali sampai sehat seperti sedia kala,” kata Dr. Basuki.

Diakhir pemaparan dan sesi tanya jawab, Dr. Basuki membagikan buku “Selamatkan Palestina” yang ditulis olehnya kepada para mahasiswa yang bertanya pada sesi tanya jawab. Tidak lupa, Dr. Basuki juga membagikan langsung kepada dekan FK UPN. “Terima kasih, dokter Basuki,” ucap Dekan saat menerima buku yang mengisahkan tentang perjalanan Dr. Basuki bersama tim BSMI menuju Jalur Gaza. (dian)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *