BSMI

Seminar Penangangan Bencana di Garut

 

(BSMI.OR.ID) – Garut. Sejak berdiri 8 Juni 2002, lembaga kemanusiaan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) turut membantu sejumlah permasalahan kemanusian di Indonesia. Bukan hanya di negeri sendiri, BSMI juga telah menerjunkan relawan kemanusiaan ke berbagai negara yang memiliki konflik berkepanjangan seperti di Iraq, Pakistan, Libanon, Pakistan dan Palestina. Hal ini menjadikan BSMI semakin dikenal masyarakat Indonesia dan mengibarkan bendera merah-putih kepada dunia internasional.

Hal ini dr. Basuki Supartono, SpOT, FICS, MARS (Pembina BSMI) sampaikan saat memberikan pelatihan kegawatdaruratan dan penangulangan bencana kepada para peserta Seminar Sehari  Sistem Penanggulangan Musibah dan Bencana terpadu di Ruang Seminar Hotel Augusta Kab Garut Jawa Barat, Sabtu (14/4). Ia juga menambahkan, saat ini relawan-relawan BSMI baik dari medis dan non-medis sudah sangat terlatih setiap menghadapi permasalahan-permasalahan kemanusiaan di lokasi bencana.

“Setiap ada daerah bencana, BSMI segera menerjunkan relawan dan bantuan logistik untuk membantu para korban yang terkena musibah. Segala prosedur dalam proses penanganan bencana dijalankan dengan baik oleh para relawan sehingga kesalahan-kesalahan dilapangan bisa diminimalisir. Hingga saat ini, relawan BSMI masih berada di RS Lapangan di Pariaman mengoperasi pasien korban gempa” ujar dr. Basuki yang juga sebagai ketua umum BSMI. Selain dr. Basuki, seminar ini pun dihadiri oleh Kemal Azis Stamboel (Anggota DPR RI), Muhammad Djazuli Ambari, SKM, M.Si (Ketua Umum BSMI), Dinas Kesehatan Kab garut, Badan Penanggulangan Bencana daerah Kab Garut.

Sementara itu, Dr. Basuki menjelaskan kepada para peserta, sejak berdiri tahun 2002, BSMI adalah lembaga independen yang tidak pernah mendapat aliran dana operasional dari pemerintah. Oleh karena itu, BSMI tidak bisa diatur oleh siapapun termasuk dari pemerintah. Namun pada pelaksanannya di lapangan, BSMI selalu berkoordinasi dengan pemerintah khususnya melalui Depatermen Kesehatan. Hal ini membuat pemerintah Indonesia sangat apresiasi dan mendukung terhadap kinerja BSMI selama ini untuk menolong sesama. (dian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *