BSMI

Ratusan Pengungsi Sinabung Masih Bertahan

MI/Adam Dwi/rj

(Metrotvnews.com) – BSMI.OR.ID. Kondisi Gunung Sinabung yang belum normal, memaksa ribuan warga Kabupaten Karo bertahan di pengungsian, termasuk 726 warga Karo yang mengungsi ke Kabupaten Langkat.
Pihak posko Langkat belum membolehkan pengungsi kembali ke desanya karena belum ada perintah pemulangan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
Hari ini BNPB sudah merencanakan pemulangan sebagian pengungsi Gunung Sinabung ke desa masing-masing. Namun tidak begitu dengan ratusan pengungsi warga Kabupaten Karo yang berada di pengungsian Kabupaten Langkat.
726 orang warga Kabupaten Karo yang mengungsi ke kabupaten Langkat, Sumatera Utara, masih berada di balai desa Telaga Kecamatan Sei Bingei. Kondisi Gunung Sinabung yang belum normal memaksa ratusan warga ini bertahan di pengungsian.
Warga yang mengungsi ke Langkat ini adalah warga dari enam desa di Kecamatan Naman Terang yang sebagian wilayahnya berada di zona merah Sinabung.
Untuk mengisi waktu luang, pengungsi melakukan sejumlah kegiatan seperti gotong-royong membersihkan posko, memasak bergantian untuk seluruh pengungsi hingga menjadi buruh harian lepas di perkebunan warga sekitar posko.
Menurut pengungsi, selama di pengungsian Balai Desa Telaga, mereka merasa lebih tenang dan nyaman. Selain karena lokasi pengungsian yang jauh dari jangkauan abu Sinabung, kebutuhan makan dan minum, serta kebutuhan lainnya di pengungsian Langkat terpenuhi seluruhnya.
Meski merasa aman dan nyaman di pengungsian namun warga pengungsi Sinabung mengaku sudah tidak tahan ingin segera pulang ke rumah.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *