BSMI

Pengungsi Wasior Mulai Terserang Malaria

Wasior – Memasuki pekan kedua pasca terjadinya banjir bandang di Wasior, Papua Barat, gejala malaria mulai menjangkiti beberapa warga. Ada sekitar 10 orang yang sudah terserang malaria. Mereka terdiri dari para pengungsi dan relawan yang tersebar di beberapa tempat di Wasior.

Salah seorang relawan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) di Wasior, Sulfiadi, mengatakan hal tersebut terjadi diperkirakan akibat kondisi dan stamina tubuh yang mulai menurun. Tak hanya itu, kondisi cuaca, debu jalanan, dan adanya nyamuk yang mengandung parasit malaria juga menjadi penyebab penyebab penyebaran malaria di Wasior.

“Kondisi ini diketahui, setelah BSMI melakukan mobile klinik di beberapa titik pengungsian dan posko relawan polisi serta posko utama BSMI di Masjid Al Falah Wasior,” ujarnya. Untuk menangani masalah tersebut, lanjut Sulfiadi, BSMI telah melakukan mobile klinik dengan memberikan obat anti malaria.

Dua Mayat Ditemukan

Sementara itu, pada Sabtu (16/10) pagi sekitar pukul 08.45 WIT, dua mayat kembali ditemukan di sekitar kantor DPRD lama di Kota Wasior. Mayat tersebut ditemukan saat para relawan sedang melakukan pengerukan lumpur dan sampah banjir.

“Satu mayat ditemukan di sekitar kantor DPRD lama Kota Wasior. Mayat tersebut berjenis kelamin perempuan dengan nama Irawati. Sedangkan satu mayat lagi berjenis kelamin laki-laki dan masih anak-anak,” kata Sulfiadi menjelaskan.

Mayat anak-anak tersebut langsung dimakamkan mengingat tidak diketahui identitasnya. Sementara mayat perempuan yang ditemukan itu dibawa oleh keluarganya karena sebelumnya suaminya melaporkan kehilangan isterinya dengan menyebutkan cirri-ciri yang dimiliki oleh isterinya.

“Ciri-cirinya memiliki tinggi tubuh 156 cm, rambut lurus sebahu, celana panjang warna hitam, menggunakan ikat pinggang, cincin di jari manis kiri, dan memakai kalung polos model rantai bulat-bulat,” ungkapnya.

Adapun kebutuhan yang masih sangat diperlukan para korban banjir Wasior adalah pakaian seragam sekolah karena anak-anak korban banjir sudah mulai masuk sekolah.

Mari, ulurkan tangan Anda untuk meringankan beban saudara-saudara kita di Wasior dengan menyalurkan dana bantuan Anda melalui Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) ke Bank Syariah Mandiri Cab. Tanjung Priuk No. Rek 0200038569.

Jakarta, 16 Oktober 2010

Panca Okta Hutabrina

Humas BSMI Pusat

CP: – Rina BSMI Pusat (0813 9224 5550)

Sulfiadi, relawan BSMI di Wasior (0852 5521 5048)

Amin, relawan BSMI di Wasior (0852 4446 5063)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *