BSMI

Penelitian Inovasi Sel Punca jadi Disertasi Ketua MPA BSMI

BSMI.OR.ID – Jakarta. Akhir Januari lalu menjadi momen yang menentukan bagi pembina sekaligus pendiri Bulan Sabit Merah Indonesia, dr. Basuki Supartono SpOT FICS MARS. Pasalnya, beliau menghadapi sidang promosi doktoral pada Selasa (29/01) lalu. Adapun disertasinya berjudul ,Regenerasi Tulang Rawan Hialin pada Defek Osteokondral melalui Penyuntikan Intra Artrikular Suspensi Sel Punca CD 34+ Darah Tepi Manusia, Asam Hialuronat, TGF B1, IGF, PG, dan Fibronektin pada Tikus Spraque Dawley”. Disertasi ini menyematkan gelar Doktor pada dr. Basuki dan pada sidang tersebut, beliau dinyatakan lulus predikat Cumlaude dengan nilai 3,84.

Dalam disertasinya, beliau mengembangkan rekayasa jaringan tulang rawan dengan menggunakan sel punca darah tepi. Di beberapa negara, telah dikembangkan rekayasa jaringan tulang rawan dibuat dengan sel punca mesenkim. Namun, pengambilan sel punca mesenkim tergolong sulit dalam penerapannya. Sedangkan sel punca darah tepi, pada awalnya diragukan kemampuannya untuk membentuk sel tulang rawan. Dengan penelitian ini, pendiri BSMI yang kini disematkan gelar doktor di depan gelar dokternya, berhasil membuktikan bahwa sel punca darah tepi bisa diubah menjadi sel rawan.

Penelitian ini orisinal dan dikatakan sebagai yang pertama di dunia, hal ini dikuatkan oleh tanggapan dari Dr. Errol, promotor dr. Basuki yang adalah Guru Besar FKUI. Penelitian ini nyatanya memiliki jalan panjang untuk akhirnya bisa diterapkan kepada manusia. Perlunya pemantapan teknik mengisolasi sel punca dan uji coba yang lebih frekuentif dan beragam pada objek hewan yang lebih besar hingga uji klinis pada manusia.

Dalam penuturannya, dr. Basuki berharap bahwa penelitian ini mampu menghasilkan kebermanfaatan bagi banyak manusia. Beliau pun tetap memohon doa agar peneliatian mendalam selanjutnya dapat dilakukan tanpa banyak kendala berarti dan semoga keberkahan melimpahi proses penelitian inovatifnya ini. (dbs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *