BSMI

Pelatihan Manaj. Penanggulangan Bencana, Latsar 2012.

BSMI.OR.ID , (Jakarta) 13/10/2012 Pelatihan dasar relawan BSMI 2012 memasuki bulan ke-enam. Belasan tema materi diberikan demi membentuk relawan berkapabilitas. Sabtu ini, peserta latsar mendapatkan materi penanggulangan banjir dan manajemen gizi dan dapur umum. Ibu Itje, pemateri berlatar ilmu gizi, memaparkan hal-hal penting terkait gizi di tempat penanggulangan bencana. Bahwasanya penanganan gizi juga memiliki bagian di fase pra, fase bencana dan fase paska bencana. Identifikasi hingga analisis gizi juga perlu dilakukan pada tanggap darurat demi mengetahui kadar gizi yang disajikan kepada para korban bencana selama penanggulangan bencana.

Materi kedua, program penanggulangan banjir, diisi oleh pihak dari Dinas Pekerjaan Umum. Sekian cetak biru program-program yang dimiliki pemerintah daerah (yang dalam materi ini pembahasannya adalah DKI Jakarta) dijelaskan secara padat kepada para peserta. Mulai dari analisis penyebab banjir, penjelasan kondisi topografi hingga langkah-langkah riil yang telah dan sedang di tempuh oleh Dinas Pekerjaan Umum. Materi semacam ini, meluaskan wawasan dan mendekatkan para peserta latsar dengan kondisi yang sebenarnya terjadi di Jakarta.

Terakhir, BPBD –Badan Penanggulangan Bencana Daerah- Jakarta berbagi mengenai program-program yang dimilikinya. Badan ini baru terbentuk 2011 lalu dengan harapan mampu menjadi sentra pengoordinasian penanggulangan bencana di Jakarta. “Saat ini, bersama BSMI juga, kami sedang dalam proses pembentukan prosedur standar operasional penanggulangan bencana untuk Jakarta. Kami berharap bisa mewujudkan sistem penanggulangan bencana yang terintegrasi.” ungkap Bambang, perwakilan BPBD Jakarta. (fha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *