BSMI

Pelatihan Kegawatdaruratan dan Transportasi Pasien

 

 (Jakarta) – BSMI.OR.ID. Keadaan Gawat Darurat bisa terjadi kapan saja, siapa saja dan dimana saja. Kondisi ini menuntut kesiapan para petugas kesehatan dan relawan medis untuk mengantisipasi kejadian tersebut. Bila kita cermati, angka kematian jiwa karena henti jantung, henti nafas akibat keadaan darurat seperti kasus kecelakaan cukup mengkhawatirkan.

Hingga saat ini, manajemen pertolongan keadaan gawat darurat sampai saat masih belum dikuasai dengan baik oleh para petugas kesehatan dan relawan medis pada umumnya. Banyak kasus kematian di masyarakat yang mestinya bisa dicegah bila kita punya kepedulian terhadap masalah tersebut.

Menyadari akan pentingnya penanganan kegawartdaruratan dan penggunaan ambulans, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) bekerjasama denga RS Jakarta Islami Hospital (JIH) mengadakan pelatihan Kegawatdaruratan dan Teknik Transportasi Pasien di Aula RS JIH, Pasar Rebo, Jakarta, Sabtu (6/2). Pelatihan ini diikuti oleh relawan diklatsar, tenaga medis rumah sakit, mahasiswa jurusan farmasi, dan kalangan umum.

Pelatihan kegawatdaruratan ini diberikan oleh DR.dr. Basuki Supartono, SpOT, FICS, MARS yang juga sebagai pembina BSMI dan diikuti sangat antusias oleh para seluruh peserta pelatihan. Kedepannya, para peserta akan mampu mengetahui teknik kegawatdruratan terutama kepada orang terkena kecelakaan yang dapat mendapat ancaman kehilangan nyawa. Pelatihan ini juga memperagakan teknik membawa pasien dengan teknik dasar penyelamatan dengan menggunakan ambulans. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *