BSMI

Pejabat HAM PBB : "Hentikan Blokade Gaza"

(Palestina – BSMI.OR.ID) Pejabat tinggi badan HAM PBB hari Selasa (17/5) menyelesaikan kunjungannya ke wilayah Palestina yang dijajah Israel, dengan menyeru agar blokade atas jalur Gaza oleh Zionis-Israel dihentikan. Blokade yang diterapkan atas wilayah Jalur Gaza melumpuhkan sendi-sendi kehidupan sehari-hari, kata Valerie Amos wakil sekretaris jenderal PBB untuk urusan HAM.

Amos mengatakan, blokade yang telah berlangsung hampir empat tahun itu melemahkan aktivitas perekonomian rakyat Palestina dan sangat berdampak serius pada bidang pendidikan, kesehatan, kebutuhan air serta sanitasi. Oleh karena diblokade laut, darat dan udara, penduduk di wilayah pesisir pantai yang mencapai 1,1 juta orang itu harus bergantung pada bantuan makanan dan kemanusiaan lainnya.

“Rakyat sipil yang terpukul paling keras oleh dapak kebijakan pembatasan itu dan harus menanggung derita kemanusiaan,” kata pejabat wanita itu. Amos menyeru agar ‘kondisi kemanusiaan buatan manusia yang berlarut-larut’ itu  segera diakhiri, dengan menghentikan blokade atas Jalur Gaza. (Hidayatullah.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *